PosKupang/

Asap Rokok Picu Kanker, Warga Diimbau Tak Boleh Takut Deteksi Dini Kanker

"Kanker itu menurun melalui gen, kemudian faktor kimia dan fisika seperti asap-asap dari pabrik dan asap rokok."

Asap Rokok Picu Kanker, Warga Diimbau Tak Boleh Takut Deteksi Dini Kanker
pos kupang/oby lewanmeru
Mutmainnah Lora dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia memaparkan materi tentang kanker dan tumor dalam acara sosialisasi di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, Sabtu (13/1/2017) 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Masyarakat diimbau tidak boleh takut untuk melakukan deteksi dini kanker dan tumor. Deteksi dini dilakukan agar diambil tindakan pencegahan dan pengobatan.

Konsultan dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI), Mutmainnah Lora, S.Keb mengatakan kanker dan tumor termasuk pembunuh berdarah dingin.

Oleh karena itu pemeriksaan atau deteksi dini harus dilakukan masyarakat.

"Kanker itu menurun melalui gen, kemudian faktor kimia dan fisika seperti asap-asap dari pabrik dan asap rokok. Sedangkan pengaruh fisika seperti menerima telepon sampai 30 menit dan juga ketika saat cas handphone," kata Mutmainnah pada acara sosialisasi kanker dan tumor di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Sabtu (13/1/2018).

Sosialisasi berlangsung di kediaman Ketua RW 14, Yohanis Pandie. Mutmainnah didampingi, Luthvananda B Siswono, SKM

Mutmainnah menjelaskan, pada kaum laki-laki atau pria, kanker yang berbahaya yakni kanker prostat. Kanker ini merupakan pembunuh nomor tiga, setelah stroke dan jantung.

"Pada perempuan ada kanker serviks dan payudara. Karena itu perlu ada upaya pencegahan terjadinya kanker-kanker tersebut," katanya.

Mutmainnah juga memberi solusi pencegahan dan pengobatan kanker/tumor dengan beberapa obat dan produk herbal, menjaga kebersihan dan pola makan teratur.(*)

Penulis: oby_lewanmeru
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help