PosKupang/

Pengprov Ganti Atlet Terkena Degradasi PPLP NTT Pertahankan Sejumlah Atlet

Ada atlet PPLP yang kita pertahankan sesuai rapor yang disodorkan pelatih selama mengikuti proses pembinaan di sentra layanan PPLP tahun 2017.

Pengprov Ganti Atlet Terkena Degradasi PPLP NTT Pertahankan Sejumlah Atlet
Ferry Ndoen
LATIHAN- Pelatih tinju Karel Muskanan dan Yanto Fallo saat melatih petinju PPLP NTT, di komplek olahraga Oepoi, Kupang, Selasa (4/7/2017) sore. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG - Sejumlah atlet cabang olahraga (cabor) masih akan tetap dipertahankan guna mengikuti program pembinaan di sentra layananan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) tahun 2018. Sedangkan atlet yang terkena degradasi akan diisi kembali pengurus provinsi cabang olahraga.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) NTT, Drs. Nahor Talan melalui Kabid Pembudayaan Olahraga, Fransiskus Sales, ditemui di Kupang, Kamis (11/1/2018) menjelaskan, hasil evaluasi yang dilakukan pengelolah PPLP bersama pelatih, tim teknis pada tanggal 5 dan 8 Januari telah menghasilkan sejumlah rekomendasi keputusan mengacu hasil data yang disodorkan pelatih terkait variabel hasil pembinaan atlet.

"Ada atlet PPLP yang kita pertahankan sesuai rapor yang disodorkan pelatih selama mengikuti proses pembinaan di sentra layanan PPLP tahun 2017. Ada atlet yang kita promosikan, namun ada yang terkena degradasi berdasarkan tiga item penilain pelatih," jelas Fransiskus Sales

Menurut Fransiskus, bagi atlet yang terkena degradasi maka pengurus provinsi cabor nantinya akan merekomendasikan atlet pengganti yang akan dibina di sentra PPLP tahun 2018.

"Selain atlet yang terkena degradasi, atlet yang dipromosikan juga harus diisi atau diganti atlet baru di sentra PPLP," jelasnya.
Evaluasi program pembinaan PPLP tahun 2017, lanjut Frans, melibatkan unsur pengelolah, tim teknis dan pelatih.

"Indikator evaluasi berupa data prestasi atlet tahun 2027, sikap dan perilaku serta data akademik atlet. Rapat evaluasi telah di laksanakan tanggal 5 Januari untuk tiga cabor, yakni atletik, tinju dan silat. Sedangkan evaluasi atlet taekwondo digelar tanggal 8 Januari 2018," paparnya

Hasil rapat evaluasi, lanjutnya, merekomendasikan sejumlah nama atlet cabor atletik, tinju, silat dan taekwondo di pertahankan. Sementara atlet cabor atletik, tinju, silat dan taekwondo ada yang kena degradasi.

"Dispora dalam hal ini pengelolah sedang menyiapkan surat pemberitahuan kepada pengprov cabor, pengkab/pengkot serta Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan Dispora kabupaten/kota, serta orangtua atlet tentang hasil evaluasi atlet PPLP tahun 2017. Surat pemberitahuan dan pemanggilan atlet segera dikirim. Setelah atlet dipanggil masuk sentra PPLP maka akan diawali tes fisik kecabangan dan mental sebagai data awal yang akan diserahkan kepada pelatih guna menyusun program latihan," kata Frans

Data awal atlet akan dipresentasekan saat pemaparan program latihan oleh pelatih empat cabor, yakni atletik, tinju, silat dan taekwondo, dilanjutkan karakter building.

"Dispora NTT menjadwalkan pelaksanaan program pembinaan sentra PPLP NTT tahun ini dilaksanakan lebih awal, yakni pertengahan bulan Januari 2018. Kami dari pengelolah berharap dukungan doa semua stakeholder internal maupun eksternal dan masyarakat agar pelaksanaan pembinaan sentra PPLP berjalan sesuai harapan," pungkasnya. (fen)

Penulis: Ferry_Ndoen
Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help