Pilgub NTT

EP da Gomez Titip Penegrian Unipa ke BKH

Ia menitip harapan kepada BKH memperjuangkan penegrian Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, kelak ia terpilih menjadi Gubernur NTT.

EP da Gomez Titip Penegrian Unipa ke BKH
POS KUPANG/EGINIUS MO'A
Bakal calon Gubernur NTT. Beny Kabur Harman (batik) bertemu sesepuh PDIP Kabupaten Sikka di Pulau Flores, EP da Gomez, Jumat (12/1/2018) di Hotel Pelita Kota Maumere. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM|MAUMERE--Kesempatan bertemu bakal calon Gubernur NTT, Beni Kabur Herman (BKH) dimanfaatkan politisi gaek Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sikka, EP da Gomez.

Ia menitip harapan kepada BKH memperjuangkan penegrian Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, kelak ia terpilih menjadi Gubernur NTT.

"Saya harap pak Beni bisa memperjuangkan Unipa menjadi perguruan tinggi negeri. Sudah sangat lama, masyarakat di Sikka dan Pulau Flores mendambakan ada perguruan tinggi negeri di Flores," kata Moat EP, sapaan EP da Gomez kepada BKH usai pertemuan di Hotel Pelita Maumere, Jumat (12/1/2018).

Unipa dibangun di masa pemerintah Bupati Sikka, Drs. Aleks Longginus 2003-2008 dikelola Yayasan Perguruan Tingga Nusa Nipa, menjawab akses generasi muda di Sikka ke perguruan tinggi. Hampir 15 tahun, Unipa mengalami kemajuan pesat. Sekitar 7000 ribuan mahasiswa menuntut ilmu di perguruan tinggi ini.

Pihak yayasan telah mengajukan permohonan kepada Presiden RI supaya menegrikan perguruan tinggi swasta ini.

Berbagai persyaratan penegerian ini telah dipenuhi oleh manajemen, dan sebuah tim dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi sudah datang di akhir 2016 melakukan uji petik.

BKH mengatakan, penegrian Unipa bukan sekadar memenuhi kebutuhan akses pendidikan tinggi untuk masyarakat Sikka, tetapi juga masyarakat Flores.

Pembanguan pendidikan tinggi negeri di daerah sejalan dengan visi dan misi Presiden RI, Ir.Joko Widodo membangun dari pinggiran.

"Saya sepakat Unipa harus dinegrikan. Membangun Indonesia bukan hanya di pusat, tetapi dari daerah (pinggiran). Kalau pinggirannya berkualitas maka pusatnya juga akan maju. Bukan sebaliknya pusatnya maju luar biasa, tetapi pinggirnya tertinggal," tegas BKH.

Bakal calon Bupati Sikka, Drs. Aleks Longginus,kepada ratusan massa dalam deklarasi partai pengusung sebelum mendaftar ke KPUD Sikka, Rabu (10/1/2018), targetnya mengerikan Unipa pada 2019.

Selama 10 tahun, kata Aleks, pemerintah tidak serius mengurus proses pengalihkan status perguruan tinggi swasta ini menjadi negeri. Padahal di daerah lain, pemerintah daerah nyaris tidak berhenti menyuarakan kepentingan pendidikan tinggi di daerahnya. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help