PosKupang/

Balai Sungai Lanjutkan Pekerjaan Irigasi Raknamo

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT) II Provinsi NTT tahun ini melanjutkan pekerjaan pembangunan jaringan irigasi dari Bendungan Raknamo.

Balai Sungai Lanjutkan Pekerjaan Irigasi Raknamo
POS KUPANG/KANIS JEHOLA
Ir. Yayat Sumaryat, MT

POS KUPANG.COM, KUPANG - Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT) II Provinsi NTT tahun ini melanjutkan pekerjaan pembangunan jaringan irigasi dari Bendungan Raknamo. Untuk kelanjutan pekerjaan jaringan irigasi ini, pemerintah pusat mengalokasikan dana APBN senilai Rp 37 miliar.

"Dana yang disiapkan kira-kira segitu (Rp 37 miliar, Red) tapi belum dilelang," kata Kasatker PJPA BWS NT II Provinsi NTT, Ir. Yayat Sumaryat, MT, kepada Pos Kupang, Kamis (11/1/2018).

Dikatakannya, dana Rp 37 miliar tersebut digunakan untuk pekerjaan lanjutan bangunan air dan jaringan irigasi skunder sepanjang kurang lebih tujuh kilometer. Sedangkan pekerjaan bangunan induk dan saluran primer sudah dikerjakan tahun 2017 sepanjang hampir 10 kilometer dengan dana Rp 36 miliar.

"Pekerjaan jaringan irigasi itu belum selesai tahun ini tapi masih dilanjutkan tahun 2019 mendatang. Pada tahun 2019 masih ada pekerjaan jaringan skunder kurang lebih lima kilometer dan pekerjaan saluran tersier," kata Yayat.

Dikatakannya, pekerjaan jaringan irigasi dan pemanfaatan air baku mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi saat melakukan pengisian Bendungan Raknamo di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018). Sebab, Bendungan Raknamo merupakan salah satu proyek strategis nasional di Provinsi NTT.

Saat itu, Presiden Jokowi berpesan kepada gubernur dan bupati agar bendungan yang sudah dibangun diharapkan diikuti dengan pembangunan irigasi sehingga ada manfaat air yang disediakan di bendungan tersebut. (kas)

Penulis: Kanis_Jehola
Editor: Kanis_Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help