VIDEO: Pemeriksaan Kesehatan Balon Gubernur dan Wagub NTT

Pasangan bakal calon Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT akan menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan.

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pasangan bakal calon Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT akan menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan.

Apa saja yang diperiksa?

Direktur RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang, drg Dominikus Minggu Mere, MKes yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/1/2018), menjelaskan berdasarkan SK KPU Nomor 231 tahun 2017 tentang petunjuk teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar pemeriksaan kesehatan jasmani rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika yang dikeluarkan oleh KPU.

"Berdasarkan keputusan itu KPU Provinsi merekomendasikan RSUD prof Dr WZ Johannes berdasarkan usulan dari IDI NTT, "Ujar Direktur RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang, drg Dominikus MInggu Mere, M.Kes yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/1/2017).

Pemeriksaan kesehatan di rumah sakit ini meliputi beberapa hal. pertama pemeriksaan jasmani enyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah dan urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi mata, THT, kepala leher, gigi dan mulut dan pemeriksaan penunjang Ultrasonografi untuk abdomen, elektrokardiografi dan treatmill untuk tes jantung, ekokardiografi, foto rontgen torax, spirometri, audiometri nada murni, USG transvaginal bagi perempuan. opthalmoscope direct, refracting unit, pemeriksaan fungsi luhur (MMSE, MOCA ICA), USG carotis.

Kemudian pemerikaan penunjang atas indikasi ada beberapa tapi nanti dari IDI yang rekomendasikan.

"Untuk pemeriksaan laboratorium terdiri dari pemeriksaan hematologi lengkap, darah lengkap urin lengkap, faal ginjal, faal hati, dan fungis lain serta papsmear untuk perempuan dan pertanda umur untuk indikasi. Pemeriksaan kesehatan kali ini lebih lengkap dibandingkan dengan pemeriksaan kesehatan untuk calon dalam pilkada yang lalu," jelas dr Domi.

Pemeriksaan untuk bakal calon ini akan berlangsung dalam waktu satu sampai dua hari dan besok akan dilanjutkan dengan dengan pemeriksaan psikologi oleh HIMSI di hotel Naka dan Narkotika di BNN. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved