154.893 Penduduk TTU Punya Jaminan Kesehatan

"Kalau sudah di rumah sakit baru urus BPJS maka tetap keluar biaya. BPJS melayani peserta setelah 14 hari mendaftar sebagai peserta."

154.893 Penduduk TTU Punya Jaminan Kesehatan
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Teni Jehanas

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Sebanyak 154.893 penduduk di Kabupaten Timor Tengah Utara sudah memiliki kartu BPJS kesehatan.

Sedangkan yang belum memiliki jaminan kesehatan 108.256 jiwa dari total penduduk TTU 263.149 jiwa.

Kepala Kantor BPJS Kabupaten TTU, Mario Trio Purwanto Kore merincikan peserta PPU 27.614 jiwa, peserta PBI APBN 132.000 dan peserta PBI APBD 2.351 jiwa.

Menurut Mario, BPJS terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang manfaat menjadi peserta BPJS.

Dari pengamatan mereka selama ini, masyarakat mengurus BPJS saat kondisi sudah sakit bahkan pasien sudah berada di rumah sakit baru mengurus BPJS.

Konsekwensinya, keluarga pasien mengeluarkan biaya sendiri untuk perawatan di rumah sakit. Sebab, masa aktif kartu BPJS 14 hari setelah mendaftar.

"Kalau sudah di rumah sakit baru urus BPJS maka tetap keluar biaya. BPJS melayani peserta setelah 14 hari mendaftar sebagai peserta," kata Mario.

Menurut Mario, peserta yang menunggak selama satu bulan langsung dinonaktifkan dari peserta.

Untuk itu, peserta diharapkan rutin membayar iuran setiap bulan. Apabila peserta memiliki kelebihan uang bisa membayar iuran untuk jatah satu tahun.

Persyarata menjadi peserta juga sangat ringan yakni foto kopi kartu keluarga (KK), foto kopy buku rekening dan pasfoto.(*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help