Satgas Saber Pungli Mulai Bergerak di Manggarai, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat

Pada Jumat (5/1/2018) pagi di Aula Efata Ruteng,Tim Satgas memperkenalkan tugas dan perannya kepada 154 aparat desa.

Satgas Saber Pungli Mulai Bergerak di Manggarai, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat
POS KUPANG/ARIS NINU
Suasana sosialisasi tugas Satgas Saber Pungli Manggarai kepada perangkat desa di Manggarai yang berlangsung di Aula Efata Ruteng,Jumat (5/1/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Satgas Saber Pungli Kabupaten Manggarai usai dikukuhkan Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, S.H, M.H mulai bergerak melakukan sosialisasi kepada warga dan instansi terkait di Manggarai.

Pada Jumat (5/1/2018) pagi di Aula Efata Ruteng,Tim Satgas memperkenalkan tugas dan perannya kepada 154 aparat desa, pendamping desa dan tim teknis desa.

Dalam sosialisasi itu, aparat desa diberikan sosialisasi peran dan fungsi satgas dengan menghadirkan pemateri, antara lain Kasat Binmas Polres Manggarai, AKP Agus Janggu dan Kasat Reskrim Polres Manggarai AKP Wira Yudha.

Sosialisasi diselenggarakan oleh BPMD Kabupaten Manggarai.

Kasat Binmas Polres Manggarai, AKP Agus Janggu dalam release-nya kepada Pos Kupang, Sabtu (6/1/2018) siang menjelaskan, materi sosialisasi yang disampaikan antara lain dasar terbentuknya Satgas Saber Pungli dan Peraturan Presiden RI No. 87/2016 tentang Satgas Saber Pungli serta Keputusan Bupati Manggarai 
No.HK/595/2017 tanggal 12 Desember 2017  tentang pembentukan  Satgas Saber pungli.

"Tugas Satgas Saber Pungli ‪Berdasarkan keputusan Bupati Manggarai No. HK/595/2017‬ bBertugas dan bertanggung jawab melaksanakan pemberantasan pungli secara tegas, terpadu, efektif dan efisien di Kabupaten Manggarai sesuai kewenangan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

‪Tugas dari Satgas Saber Pungli merupakan bagian dari penegakan hukum. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam penegakan hukum antara lain asas Kepastian Hukum ‪Satgas Saber Pungli dalam bekerja dengan menjamin dan menjunjung tinggi kepastian hukum, harus memperhatikan hak-hak dan kewajiban setiap subyek hukum, menjunjung tinggi HAM, asas praduga tak bersalah, asas manfaat ‪Satgas dibentuk dalam rangka bagian dari upaya-upaya pemerintah untuk sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat dan asas keadilan.

‪Dituntut supaya berlakukan asas praduga tak bersalah.

"Satgas sebelum melakukan sebuah proses harus berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku," ujar Agus.

Agus mengungkapkan, sasaran tugas Saber Pungli yakni pelayanan publik, ‬export / import, penegakan hukum, perizinan, kepegawaian, pendidikan, pengadaan barang dan jasa dan kegiatan pungli lain yang meresahkan masyarakat.

Agus memaparkan, fungsi Satgas Saber pungli akan melakukan sistem pencegahan dan pemberantasan pungli serta melakukan pengumpulan data dan informasi dari pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi serta melakukan perencanaan koordinasi dan pelaksanaan operasi pemberantasan pungli.

"Satgas pun akan melaksanakan operasi tangkap tangan dan memberikan rekomendasi ke dalam pemberian sanksi kepada pelaku pungli dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Agus.

Masyarakat Proaktif

Agus pun menegaskan, pelaporan terhadap pemberantasan pungli satgas mengharapkan masyarakat proaktif melapor kalau ada pungli.

"Proaktif melaporkan adanya praktek pungli yg ditemukan sehari hari sehingga penindakannya lebih cepat.Masyarakat harus berani melapor dan mau jadi saksi. Apalagi ‪yang berkaitan dengan Dana Desa kalau ada pemotongan segera dilaporkan,"tegas Agus. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved