Pilgub NTT

Frans Lebu Raya Tidak Ikut Daftar Marianus-Emiliana

Lebu Raya selaku Gubernur NTT mendampingi Presiden RI, Joko Widodo yang berkunjung ke Provinsi NTT.

Frans Lebu Raya Tidak Ikut Daftar Marianus-Emiliana
pos-kupang.com
Seorang bocah menyalami Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya di acara open house yang digelar di Rujab Gubernur NTT, Senin (25/12/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Oby Lewanmeru

POS KUPANG.COM | KUPANG - Ketua DPD PDIP NTT, Drs. Frans Lebu Raya dipastikan tidak akan mengikuti acara pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT, Marianus Sae- Emiliana Nomleni di KPU NTT pada Senin (8/1/2018).

Pasalnya, pada saat bersamaan, Lebu Raya selaku Gubernur NTT mendampingi Presiden RI, Joko Widodo yang berkunjung ke Provinsi NTT.

Informasi yang diperoleh di KPU NTT, Sabtu (6/1/2018), menyebutkan, dalam rapat koordinasi antara KPU NTT dan Parpol pengusung Bapaslon terungkap bahwa Lebu Raya berhalangan hadir saat pendaftaran Paket Marianus-Emiliana.

Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli yang ditemui di ruang kerjanya,membenarkan informasi tersebut. Menurut Yosafat, Lebu Raya sebagai Ketua DPD PDIP NTT diinfokan tidak bisa atau berhalangan hadir saat pendaftaran paket Marianus-Emiliana.

"Pengurus DPD PDIP NTT saat rapat tadi menyampaikan bahwa Ketua DPD PDIP NTT berhalangan hadir karena pada saat pendaftaran bertepatan dengan kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo," kata Yosafat.

Karena itu, lanjutnya, KPU NTT meminta DPD PDIP NTT untuk menyampaikan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan soal ketidakhadiran Ketua DPD PDIP NTT.

"Jadi harus ada surat keterangan yang dikeluarkan oleh Lembaga atau instansi pemerintahan bahwa Ketua DPD PDIP NTT berhalangan hadir karena dalam jabatan sebagai Gubernur NTT sedang mendampingi bapak Presiden," katanya.

Ketua Tim Pemenangan, Paket Marianus-Emiliana, Viktor Mado Watun mengatakan, secara administrasi, Ketua DPD PDIP NTT yang menandatangani semua dokumen pencalonan untuk proses pendaftaran, namun ketika mendaftar tidak bisa hadir karena mendampingi Presiden RI, Joko Widodo.

"Jadi semua dokumen pak Frans yang tandatangan, namun untuk pendaftaran beliau berhalangan hadir. Tentu kita pengurus DPD PDIP NTT lainnya tetap hadir termasuk Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara," kata Viktor.

Sedangkan menyangkut surat keterangan, ia mengakui, telah mengurus surat keterangan dari Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTT, berkaitan kegiatan Ketua DPD PDIP NTT yang juga sebagai Gubernur NTT. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved