Mengapa Kebanyakan Celana Jeans Berwarna Biru? Penemunya Bilang Begini!

Lantas pertanyaannya adalah mengapa harus warna biru? Padahal kita tahu bahwa biru bukanlah warna netral yang bisa dipadupadankan

Mengapa Kebanyakan Celana Jeans Berwarna Biru? Penemunya Bilang Begini!
dailymail.co.uk
Jeans bekas dan sepatu boot bekas 

POS-KUPANG.COM--Jeans adalah celana serbaguna yang bisa kita gunakan dalam segala situasi. Busana satu ini memang memiliki popularitas yang tak lekang di makan waktu.

Namun, sadarkah Anda bahwa kebanyakan warna jeans yang beredar di pasaran adalah biru? Oleh karena itulah, kita kerap menyebut jeans dengan sebutan "blue jeans".

Celana jeans
Celana jeans (domainjelek.blogspot.com)

Lantas pertanyaannya adalah mengapa harus warna biru? Padahal kita tahu bahwa biru bukanlah warna netral yang bisa dipadupadankan dengan semua jenis warna.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat kembali dari awal mula jeans tercipta. Levi Strauss adalah orang yang dirkenal sebagai penemu item fashion ini.

Namun dilansir dari Levi Strauss & Co, dia bukanlah penemu dari tren mode yang begitu populer ini. Dia hanya mematenkan gaya dengan paku keling untuk membuat jeans tidak mudah robek.

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)

Denim sebenarnya sudah menjadi bahan yang populer dipakai untuk para pekerja. Jadi dia hanya menambahkan sentuhan baru pada tren ini.

Sebenarnya, ia menggunakan desain yang sama untuk celana katun coklat yang disebut celana "duck", yang kemudian ia terapkan pada desain celana jeans.

Sedangkan biru adalah warna yang dipilih untuk denim karena sifat kimia pewarna biru. Sebagian besar zat warna ini akan meresap ke bahan dalam suhu panas yang mempermudah proses pewarnaan.

ilustrasi
ilustrasi (dailymail)

Dilansir dari laman Slate, pewarna nila alami yang digunakan pada jeans dahulu hanya menempel pada bagian luar benang.

Bila denim yang menggunakan pewarna indigo tersebut dicuci, maka zat warna tersebut akan menghilang perlahan bersama dengan benang.

Semakin sering dicuci, maka semakin lembut celana tersebut. Akhirnya, jens tersebut akan lebih nyaman kita pakai.

Celana jeans model terbaru.
Celana jeans model terbaru. (topshop.com)

Kelembutan yang dihasilkan dari pewarna indigo tersebut membuat jeans menjadi favorit para pekerja.

Seiring berjalannya waktu, permintaan celana jeans meningkat dan celana "duck" menurun. Akhirnya blue jeans pun menjadi mode klasik di Amerika.(*)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help