Home »

Bisnis

» Mikro

Kondisi Pasar Wolowona di Kota Ende Memprihatinkan

Kondisi Pasar Wolowona di Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, memprihatinkan.

Kondisi Pasar Wolowona di Kota Ende Memprihatinkan
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Pasar Wolowona Ende 

Laporan Wartawan Pos-Kupang, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Kondisi Pasar Wolowona di Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, memprihatinkan.

Pasar yang berada di pintu masuk arah timur Kota Ende itu, selain kerap dipenuhi para pedagang yang meluber hingga ke badan jalan, juga berlumpur dan bertaburan sampah.

Belum lagi air yang meluap ke badan jalan menambah kesemrawutan kondisi pasar.

Demikian pantauan Pos Kupang, Rabu (3/1/2018), saat mendatangi Pasar Wolowona, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende.

Terhadap kondisi yang ada, Anggota DPRD Kabupaten Ende, Yustinus Sani mengatakan bahwa kesemrawuatan Pasar Wolowona sebenarnya bukan hal baru, namun kondisi tersebut seakan menjadi hal biasa dari waktu ke waktu.

Menurut Yustinus kesemrawutan di Pasar Wolowona tidak semata-mata dilimpahkan kepada pemerintah, namun juga hendaknya menjadi perhatian semua pihak, baik para pedagang ataupun pembeli yang ada di Pasar Wolowona, antara lain agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Dengan adanya kesadaran dari semua komponen untuk sama-sama menjaga fasiltas publik, maka fasilitas publik tersebut tentu akan terjaga dengan baik.

"Hal yang sederhana adalah membung sampah pada tempatnya karena dengan demikian sampah tidak akan bertebaran di sembarang tempat," kata Yustinus.

Sebagai fasilitas publik, Yustinus juga meminta pemerintah terutama Dinas Perdagangan Kabupaten Ende untuk menata keberadaan pasar sehingga menjadi lebih baik.

Dalam pantauannya, ujar Yustinus, puncak kesemrawutan Pasar Wolowona terjadi pada hari Jumat yang merupakan hari pasar meskipun pasar tersebut merupakan pasar harian.

Pada saat itu terlihat para pedagang meluber hingga ke badan jalan hingga mempersempit bahu jalan padahal jalur jalan yang adalah jalan nasional yang semestinya bebas dari aktivitas jualan.

Oleh kerena itu pihaknya meminta kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Ende untuk mengevaluasi kondisi yang ada sehingga keberadaan Pasar Wolowona menjadi lebih baik. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help