Home »

Sport

» Basket

Dispora NTT Merekrut 36 Atlet Empat Cabor Masuk PPLP

Pola perekrutan atlet sentra PPLP NTT melalui sistem degadrasi dan promosi. Hal ini dilakukan setelah Dispora NTT menggelar evaluasi program

Dispora NTT  Merekrut 36 Atlet Empat Cabor Masuk PPLP
ISTIMEWA
Petinju PPLP NTT Erniaty Ngongo Bili menang angka atas petinju Sulsel Marhayati, di semifinal Kejurnas Tinju PPLP 2017, di GOR Karang Panjang, Kota AMbon, Kamis (26/10/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM - Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora) NTT mulai melakukan seleksi guna menjaring atlet pelajar yang akan masuk serta dibina melalui program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) NTT.

Kepala Dispora Provinsi NTT, Drs. Nahor Talan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembudayaan Olahraga Dispora NTT, Fransiskus Sales menjelaskan hal itu, saat dihubungi Pos Kupang, Selasa (2/1/2018).

"Dispora NTT melalui Bidang Pembudayaan Olahraga akan memulai salah satu kegiatan di tahun 2018, yakni pembinaan sentra atlet PPLP tahun 2018. Pembinaan atlet PPLP tahun 2018 untuk empat cabang olahraga (cabor) diantaranya atletik, tinju, silat dan taekwondo," jelas Fransiskus.

Tentang jumlah atlet yang akan direkrut masuk dalam sentra pembinaan PPLP NTT, Fransiskus Sales menjelaskan, kuota atlet PPLP tahun 2018 sebanyak 36 orang atlet dengan rincian cabor atletik 13 orang atlet, cabor tinju 13 orang atlet, silat dialokasikan 5 orang atlet dan cabor taekwondo 5orang atlet.

"Rencana proses pembinaan atlet PPLP NTT dimulai pertengahan bulan Januari 2018. Pola perekrutan atlet sentra PPLP NTT melalui sistem degadrasi dan promosi. Hal ini dilakukan setelah Dispora NTT menggelar evaluasi program pembinaan sentra PPLP tahun 2017 melibatkan unsur pengelolah, pelatih dan tim teknis," jelasnya.

Fransiskus lebih jauh menjelaskan, sesuai schedule yang ada direncanakan pada awal minggu pertama bulan Januari akan digelar rapat evaluasi. Dan hasil rapat evaluasi akan disampaikan terbuka kepada masyarakat, juga pengurus provinsi/pengprov, pengurus cabang/pengcab cabang olahraga serta orangtua atlet.

"Nantinya hasil evaluasi akan ketahuan atlet cabor mana saja yang masih bisa dipertahankan di sentra pelatihan PPLP 2018, serta atlet mana dan dari cabor mana saja yang akan terkena degadrasi, juga akan ada atlet berprestasi yang akan dipromosikan," tambahnya.

Namun Fransiskus menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan berapa atlet yang akan dipertahankan mengikuti sentra pelatihan PPLP NTT 2018 dan dipromosiskan, serta atlet mana saja yang akan terkena degadrasi karena masih harus menunggu rapat evaluasi bersama bersama pengelolah, pelatih dan tim teknis.

Frans mengungkapkan, ada tiga indikator evaluasi yang akan dilakukan, yakni mengacu pada data prestasi atlet selama tahun 2017, juga sikap dan perilaku atlet dan data akademik atlet.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua stakeholder baik internal, maupun eksternal agar proses evaluasi dan rekrutmen atlet PPLP NTT bisa berlangsung baik dan lebih cepat sehingga pelaksaan kegiatan pembinaan atlet PPLP NTT tahun 2018 bisa berjalan sesuai harapan," pungkasnya. (fen)

Quota Atlet PPLP NTT 2018
Cabang Olahraga Atletik 13 Atlet
Cabang Olahraga Tinju 13 Atlet
Cabang Olahraga Pencak Silat 5 Atlet
Cabang Olahraga Taekwondo 5 Atlet

Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help