Pilkada Ende

Paket Patriot di Ende Belum Memenuhi Syarat Dukungan

Ini penjelasan dari KPU Kabupaten Ende terkait dengan keikutsertaan paket perseorangan dalam Pilkada Ende

Paket Patriot di Ende Belum Memenuhi Syarat Dukungan
Pos Kupang/Romualdus Pius
Komisioner KPU Kabupaten Ende mengikuti proses rekapitulasi paket independe, Sabtu (30/12/2017). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Berdasarkan Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Komisi Pemilihan Umum kabupaten Ende, Sabtu (30/12/2017) di Kantor KPU Kabupaten Ende, terhadap Paket Patriot yakni bakal calon bupati Rafael Ngala dan bakal calon wakil Bupati Antonius Toni Tonggo belum memenuhi syarat dukungan minimal dari dukungan persyaratan yang diserahkan beberapa waktu lalu yakni 17.264 karena yang memenuhi persyaratan hanya sebanyak 3.839 .

Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi mengatakan hal itu dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Ende, Sabtu (30/12/2017).

Pria yang akrab dipanggil dengan nama, Budi mengatakan dari syarat dukungan yang dipersyaratkan 16.961 dengan demikian masih terdapat kekurangan sebanyak 13.122 dukungan.

Dikatakan agar bisa maju dalam Pilkada Kabupaten Ende maka Paket Patriot harus melakukan perbaikan dan itu harus dua kali dari kekurangan. Hal ini berarti 2 x 13.122 yakni 26.244 dukungan.

Budi mengatakan kepada pasangan independen dari Paket Patriot diberi kesempatan untuk melengkapi persyaratan dukungan hingga pendaftaran bakal calon pada 8 Januari 2018 hingga 10 Januari 2018 dan apabila tidak berhasil mengumpulkan syarat dukungan yang ada maka akan gugur dalam keikutsertaan pada Pilkada Kabupaten Ende.

Untuk diketahui, paket independen Rafel Ngala dan Antonius Toni Tonggo merupakan satu-satunya paket independen yang ikut dalam proses Pilkada Kabupaten Ende.

Untuk dapat lolos menjadi bakal calon Bupati dan wakil Paket Patriot harus mengumpulkan dukungan sebanyak 26.244 dukungan untuk diserahkan ke KPU Kabupaten Ende.

Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende hingga Senin (1/1/2018) belum ada satu paketpun yang mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Ende bersama dengan partai pendukungnya.

Hingga kini keberadaan paket dan Parpol pendukung masih sebatas klaim dukungan belum ada SK secara resmi yang diturunkan oleh masing-masing Parpol kepada paket yang ikut dalam Pilkada Kabupaten Ende.

Dalam catatan Pos Kupang tercacat ada 6 Paket yang menyatakan berpartisipasi dalam Pilkada Kabupaten Ende yang ditandai dengan adanya poster maupun baliho yang dipasang di jalan dalam kota maupun diluar Kota Ende.

Hadir dalam proses rekapitulasi itu, Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi dan anggota serta Panwaslu juga PPK dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Ende. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help