Mulailah Membiasakan Diri Mengunyah Makanan Lebih Lama. Ini Manfaatnya

Mengunyah makanan cepat-cepat ternyata berdampak sangat buruk buat kesehatan. Mulai sekarang lakukan hal seperti ini

Mulailah Membiasakan Diri Mengunyah Makanan Lebih Lama. Ini Manfaatnya
Shutterstock
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM - Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) pada 2014 lalu, Indonesia menempati posisi kelima sebagai negara penyandang diabetes terbanyak. IDF mencatat jumlahnya mencapai 9,1 juta jiwa. Jika tidak segera dicegah, angka itu bisa meningkat dua kali lipat pada 2035 nanti.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Diabetes bisa dicegah dengan mengatur jumlah dan pola konsumsi makanan harian.

Hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan cara makan yang benar dan tetap mawas dengan kondisi tubuh. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?

Mengunyah lebih lama

Ilmuwan dari Lithuanian University of Health Science membandingkan antara 234 orang penderita diabetes tipe dua dan 468 orang tanpa penyakit diabetes.

Mereka menemukan bahwa peserta yang melahap makanan dengan cepat 2,5 kali lebih mungkin menderita diabetes dibanding mereka yang makan lebih tenang.

Tak hanya itu. Penelitian di Jepang menemukan bahwa makan cepat berhubungan dengan resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi saat hormon insulin yang dihasilkan pankreas untuk mengontrol kadar gula darah tidak lagi bekerja dengan baik. Keadaan ini bisa meningkatkan risiko tubuh terserang diabetes.

Untuk mencegah hal itu, cobalah mulai mengunyah makanan sebanyak 35-50 kali sebelum ditelan. Semakin lama waktu mengunyah, semakin sedikit jumlah kalori yang dikonsumsi.

Selain itu, mengunyah lebih lama juga bisa menjaga porsi makan tetap ideal karena memberi otak waktu untuk menerima "sinyal kenyang" dari perut. Jadi, tak hanya baik untuk pencernaan, kebiasaan ini juga membantu Anda mengatur porsi makan agar tak berlebih.

Halaman
123
Editor: Marsel Ali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved