Mau Sehat Agar Usia Lebih Panjang? Yuk! Praktekan Enam Tips Sederhana ini

Berikut ini enam kebiasaan baik yang bisa memperpanjang umur Anda dan bisa Anda jadikan resolusi di tahun 2018 nanti:

Mau Sehat Agar Usia Lebih Panjang? Yuk! Praktekan Enam Tips Sederhana  ini
GeorgeRudy
Ilustrasi Makanan sehat 

POS-KUPANG.COM--Saat liburan tahun baru, tentu akan makan dengan lahap. Hampir setiap makanan bila tak dijaga dengan baik akan dilahap. Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah kesehatan pada tahun 2018.

Berikut ini enam kebiasaan baik yang bisa memperpanjang umur Anda dan bisa Anda jadikan resolusi di tahun 2018 nanti:

1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Anda bisa memulai dengan mengunyah makanan secara perlahan agar mengasup rendah kalori.

Makan makanan kaya protein.
Makan makanan kaya protein. (crossfitsanitas)

Sebab, orang yang mengunyah perlahan cenderung tidak mengalami obesitas atau tak punya masalah metabolisme, penyakit jantung, diabetes dan risiko stroke, menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan di American Scientific Sessions 2017, sebuah acara global yang diadakan pada bulan November yang membagikan perkembangan terbaru dalam ilmu kardiovaskular.

"Mengunyah lebih lambat mungkin merupakan perubahan gaya hidup yang penting untuk membantu mencegah sindrom metabolik," kata Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung di Universitas Hiroshima di Jepang dan penulis studi tersebut.

"Saat orang makan cepat, mereka cenderung tidak merasa kenyang dan lebih cenderung makan berlebihan. Makan cepat menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar, yang dapat menyebabkan resistensi insulin," kata Takayuki.

Waspadalah terhadap kalori, terutama saat Anda sedang santai. Orang Amerika sendiri tercatat hampir 6 persen lebih banyak mengasup kalori pada hari Sabtu daripada hari lain dalam sepekan, dan 3 persen lebih banyak pada hari Jumat, menurut analisis penghitung jutaan kalori dari aplikasi penurunan berat badan Lose It!

2. Kurangi makan camilan

Industri makanan camilan di Amerika Serikat fantastis, nilainya 33 milliar dollar AS, dengan rata-rata setiap rumah menghabiskan 133 dollar AS setiap tahun untuk camilan di sela makan makanan utama, menurut data yang dirilis Nielsen.

Makan sambil bekerja akan membuat otak tidak fokus untuk mendeteksi rasa kenyang. Akhirnya, rasa lapar tak kunjung datang. Camilan seperti donat pun dimakan karena belum kenyang.
Makan sambil bekerja akan membuat otak tidak fokus untuk mendeteksi rasa kenyang. Akhirnya, rasa lapar tak kunjung datang. Camilan seperti donat pun dimakan karena belum kenyang. (THINKSTOCKPHOTOS)
Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help