Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilgub NTT di RS Tipe B

Terkait dengan pemeriksaan calon gubernur dan wakil gubernur yang ikut pilkada di NTT, ini penjelasan dari KPUD

Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilgub NTT di RS Tipe B
POS KUPANG/HERMINA PELLO
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemeriksaan kesehatan bagi para bakal pasangan calon (bapaslon) baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati di NTT bisa dilakukan di Rumah Sakit (RS) tipe B.

Karena pemeriksaan tersebut dapat dilakukan di RSU Prof. WZ. Johannes Kupang.

Hal ini disampaikan Ketua KPU NTT, Maryanti H Luturmas Adoe kepada Pos Kupang, Jumat (29/12/2017).

Maryanti dimintai tanggapan soal pemeriksaan kesehatan bapaslon yang akan mengikuti pilkada serentak di NTT tahun 2018.

"Sesuai keputusan dari KPU Pusat bahwa pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon itu dilakukan di RS Tipe B, sehingga bisa dilakukan di RSU Prof. WZ Johannes Kupang," kata Maryanti.

Terkait pernyataan Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Louk bahwa pemeriksaan kesehatan di lakukan di luar NTT karena tipe rumah sakit, Maryanti menegaskan, sudah diputuskan oleh KPU pusat bahwa pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon di NTT dilakukan di RSU. Prof. WZ Johannes.

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan secara serentak dan setiap daerah akan diberikan jadwal pemeriksaan.

"Kami juga keberatan kalau pemeriksaan kesehatan bapaslon itu dilakukan di lur Kupang. Pasalnya, KPU akan menjadi repot dalam koordinasi," katanya.

Dikatakan, jika pemeriksaan kesehatan bapaslon di luar Kupang, selain akan merepotkan KPU, juga biaya, sebab biaya pemeriksaan ditanggung KPU.

"Kecuali biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh Bapaslon masing-masing," ujarnya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, proses pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ada tiga instansi atau lembaga berbeda yang akan melakukan pemeriksaan. Tiga instansi profesi itu, yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Karena itu, saat ini KPU NTT tengah mempersiapkan tahapan pemeriksaan kesehatan. Dari tiga instansi pemeriksa itu masing-masing akan memberi penilaian tersendiri terhadap bakal calon kepala daerah. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved