KM Wilis Lakukan Pelayaran Perdana di Pelabuhan Waikeloh, SBD

Ini penjelasan dari pihak PLN terkait dengan rute baru KM Willys yang akan menyinggahi Sumba Barat Daya

KM Wilis Lakukan Pelayaran Perdana di Pelabuhan Waikeloh, SBD
Pos Kupang/Petrus Piter
Kepala PT Pelni Cabang Waingapu, Sumba Timur, Samto sedang memimpin rapat pemantapan penyanbutan pelayaran perdana KM Wilis di pelabuhan waikeloh, Jumat (29/12/2017) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Kepala PT Pelni Cabang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Samto mengatakan, KM Wilis akan melakukan pelayaran perdana ke dan dari pelabuhan Waikeloh, Kabupaten Sumba Barat Daya, Minggu (31/12/2017) pukul 13.00 wita.

Pelayaran perdana KM Wilis berkapasitas pengangkut penumpang 500 orang itu merupakan kado terindah bagi masyarakat SBD khususnya dan Sumba umumnya memasuki tahun baru, 1 Januari 2018.

Demikian disampaikan kepala PT PLN Cabang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Samto, usai menggelar rapat pemantapan penyambutan pelayaran perdana KM Wilis di Pelabuhan Waikeloh bersama mitra di ruang tunggu Pelabuhan Waikeloh, Jumat (29/12/2017).

Menurutnya, sebulan KM Wilis akan menyinggahi pelabuhan Waikeloh sebanyak dua kali. Harapan dengan kehadiran KM Wilis mempermudah akses masyarakat keluar Sumba dan sebaliknya sekaligus mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumba.

Selama ini, kapal penumpang milik PT Pelni hanya menyinggahi pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Setiap warga yang hendak keluar Sumba menggunakan jasa pelayaran kapal Pelni harus ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Jarak tempuh Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur sekitar 3 jam lamanya.

Namun dengan hadirnya kapal KM Wilis di Pelabuhan Weekeloh dapat mempermudah akses masyarakat dibagian barat pulau Sumba mendapatkan pelayanan.

Ia menyebutkan, rute KM Wilis mulai dari pelabuhan Waikeloh, SBD-Waingapu-Ende-Kupang-Rote-Sabu-Kupang-Ende- Waingapu-Waikeloh-Bima-Labuan Bajo-Reo-Makasar-Batu Licin.

Ia menambahkan, keputusan PT Pelni menginjinkan pelayaran KM Wilis menyinggahi pelabuhan Waikeloh selain karena permintaan pemda SBD juga karena selama ini belum terlayani kapal penumpang berbadan besar.

Karena itu ia menghimbau masyarakat Sumba menggunakan jasa kapal milik PT Pelni bila ingin keluar Sumba.

Masyarakat juga diminta menjaga keamanan dan ketertiban selama berada di Pelabuhan Waikeloh demi menjaga kelancaran akses masyarakat yang datang ataupun yang pergi menggunakan kapal KM Wilis. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help