Hanya Tiga Pasangan Calon Bupati Wakil Bupati Yang Bertarung di SBD

Kalau melihat dari kursi yang ada di DPRD Sumba Barat Daya, hanya tiga pasang calon yang akan ikut bertarung

Hanya Tiga Pasangan Calon Bupati Wakil Bupati Yang Bertarung di SBD
Pos Kupang/Petrus Piter
Paket Kontak saat diterima pengurus PDIP Sumba Barat Daya 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Pemilihan umum bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) periode 2018-2023 dapat dipastikan hanya dikuiti tiga pasangan yang akan bertarung memperebutkan kursi pemimpin SBD lima tahun ke depan.

Tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya tersebut adalah pasangan dr.Korneius Kodii Mete-Kristian Taka (paket kontak), Dominggus Dama, S.S.T, M.T-Kornelius Tanggu Bore (paket Damai) dan Markus Dairo Tallu, S.H-Gerson Tanggu Dendo, S.H (paket MDT-GTD).

Menurut Ketua DPC PDIP SBD, Yoseph Malo Lende, paket kontak diusung empat partai politik yakni PDIP, PAN, Hanura dan Demokrat dengan mengantongi 13 kursi.

Karena itu,ia memastikan paket Kontak pasti lolos untuk bertarung dalam pada pilkada kali ini. Hal itu karena persyaratan untuk mendaftar di KPUD bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya tahun 2018 yang maju melalui pintu partai politik minimal mengantongi 7 kursi di DPRD Sumba Barat Daya.

Sementara itu ketua DPC PBB Kabupaten Sumba Barat Daya, Oktavianus Tallu, ditemui pos kupang disela-sela acara deklarasi paket Damai di lapangan Galatama, SBD, Jumat (22/12/20170, mengatakan, partai PBB memutuskan mendukung paket Damai karena kedua figur dinilai cakap dan layak memimpin SBD lima tahun ke depan.

Ia menyebutkan, paket Damai maju bertarrung pada pilkada kali ini diusung empat partai politik yakni PKB, PPP, PKPI dan PBB dengan mengumpulkan 10 kursi DPRD Sumba Barat Daya.

Sementara itu paket pasangan Markus Dairo Tallu, S.H-Gerson Tanggu Dendo, S.H maju diusung dua partai politik yani Golkar dan Nasdem dengan mengumpulkan 9 kursi DPRD Sumba Barat Daya.

Dengan demikian dapat dipastikan tiga pasangan calon tersebut akan bertarung di pilkada SBD tahun 2018.

Paket Hati Terancam Gagal Maju Bertarung Pada Pilkada SBD

Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya periode 2018-2023, Drs.Ndara Tanggu Kaha-Eduard Ndapa Tadi, S.P terancam gagal maju bertarung pada pillkada Kabupaten Sumba Barat Daya tahun 2018.

Hal itu karena saat ini, hanya tertinggal 3 kursi DPRD yakni partai Gerindra mengantongi 1 kursi DPRD dan PKS mengantongi dua kursi DPRD SBD.

Berdasarkan ketentuan KPU, untuk pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang maju melalui pintu partai politik minimal mengantongi 7 kursi di DPRD SBD.

Perlu diketahui, jumlah anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya periode 2014-2019 sebanyak 35 orang. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved