Berita Flores Lembata Alor

Rasio Elektrifikasi Listrik di Flores Barat 47 Persen

Rasio elektrifikasi listrik di area Flores Bagian Barat yang meliputi Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur dan Manggarai

Rasio Elektrifikasi Listrik di Flores Barat 47 Persen
Pos Kupang/kolase
Penyakit paru-paru jadi kendala tamatan SMK jadi karyawan PLN. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Rasio elektrifikasi listrik di area Flores Bagian Barat yang meliputi Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur dan Manggarai serta Manggara Barat mencapai 47 persen.

Jumlah tersebut belum terlalu ideal dan diharapkan pada tahun 2018 ada penambahan jaringan listrik sehingga jumlah elektrifikasi listrik juga mengalami penambahan.

Manajer PT PLN Area Flores Bagian Barat, Firman Raharja mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Kamis (21/12/2017) ketika dikonfirmasi mengenai rasio elektrifikasi litrik di area Flores Bagian Barat hingga akhir Desember 2017.

Firman mengatakan bahwa secara umum daerah-daerah di wilayah kerja Flores Bagian Barat masih belum banyak yang berlistrik sehingga dia menyebutnya sebagai daerah hitam karena dari pemetaan yang ada belum banyak yang berlistrik.

Untuk meningkatkan jumlah elektrifikasi listrik yang ada maka dalam dua tahun terakhir pemerintah melalui PLN mulai menggalakan pemasangan listrik ke desa-desa atau yang dikenal dengan nama listrik desa (Lisdes).

Untuk pemasangan listrik desa di tahun 2018 pada semua wilayah kerja area Flores Bagian Barat direncanakan akan dipasang pada 262 desa dari 410 desa yang ada.
Dengan pemasangan listrik secara bertahap diharapkan semua desa-desa dalam wilayah kerja area Flores Bagian Barat suatu saat nanti bisa menikmati listrik sebagaimana desa-desa lainnya yang sudah berlistrik,ujar Firman.

Untuk kelancaran proses pemasangan listrik desa Firman mengatakan bahwa hal yang paling utama adalah adanya sarana dan prasana pendukung seperti jalan raya guna memobiliasi peralatan untuk proses pemasangan jaringan listrik.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved