Berita Kota

Operasi Lilin Turangga, Polisi Fokuskan Pengamanan di Manggarai Barat

Selain berbatasan langsung dengan Bima, adanya narapidana eks teroris membuat kepolisian lebih fokus berjaga di daerah tersebut.

Operasi Lilin Turangga, Polisi Fokuskan Pengamanan di Manggarai Barat
POS KUPANG/EFLIN ROTE
Kapolda NTT, Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengecek kesiapan pasukan pengamanan yang terlibat dalam Operasi Lilin Turangga 2017. 

 Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Eflin Rote

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jendral Polisi Agung Sabar Santoso mengatakan, Kabupaten Manggarai Barat menjadi daerah yang menjadi fokus pengamanan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kondisi geografis Kabupaten Manggarai Barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat memungkinkan teroris atau kelompok radikal masuk melalui daerah tersebut.

"Kita fokuskan di daerah perbatasan, yaitu Kabupaten Manggarai Barat. Daerah ini cukup rawan dari ancaman teror karena berbatasan langsung dengan Bima, yang mana kelompok radikal ada di daerah tersebut," ujar Agung, Kamis (21/12/2017) usai memimpin Operasi Lilin Turangga 2017 di Lapangan Mapolda NTT, Kupang.

Selain berbatasan langsung dengan Bima, adanya narapidana eks teroris membuat kepolisian lebih fokus berjaga di daerah tersebut.

Namun lanjut Agung, sejak 4 bulan terakhir keadaan di perbatasan cukup kondusif. Selain Manggarai Barat, Kabupaten lain yang menjadi fokus pengamanan adalah Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka.

Sebanyak 4170 personel dilibatkan dalam operasi Lilin Turangga 2017. Dari TNI sebanyak 424 personil, 2439 anggota kepolisian, 1300 meliputi Satpol PP, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Pemadam Kebakaran, Basarnas, Pramuka dan Tokoh Pemuda.

Selain itu juga sebanyak 67 PosPam dan 31 Pos Pelayanan didirikan untuk melayani masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru. Dan sebanyak 2879 gereja yang diamankan. (*)

POS KUPANG/EFLIN ROTE--Kapolda NTT, Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengecek kesiapan pasukan pengamanan yang terlibat dalam Operasi Lilin Turangga 2017.

Penulis: Eflin Rote
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved