Parah! Petani Kuta, Sumba Timur Mengeluh Soal Kekurangan Benih Jagung

Lantaran hujan kurang, panen jagung di Kuta, Sumba Timur kurang. Ini dampaknya bagi warga setempat

Parah! Petani Kuta, Sumba Timur Mengeluh Soal Kekurangan Benih Jagung
Pos Kupang/Robert Ropo
Petani Kuta, Sumba Timur saat ditemui wartawan di desa itu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Para petani di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur mengeluh karena kekurangan benih jagung untuk musim tanam kali ini.

Keluhan tersebut disampai oleh petani setempat, Andreas Kopa Rihi, Agustinus Muda Kaka dan Marlina Kaka ketika di temui Pos Kupang di kampung Kuta desa setempat, Minggu (17/12/2017).

Andreas Kopa Rihi mengatakan, petani di desa Kuta kini ada yang sudah menanam dan ada sebagian yang belum menanam karena kekurangan benih jagung.

"Seperti kami yang sudah tanam ini juga benihnya kurang, saya punya tanam hanya sebagian saja, sebagian kebun saya mau tanam tidak ada benih jagung lagi," ungkap Kopa Rihi.

Kopa Rihi mengatakan, mereka kekurangan stok benih jagung sebab pada musim panen sebelumnya mereka mengalami gagal panen.

"Stok benih jagung kurang, bahkan ada petani yang benar-benar gagal panen, karena curah hujan sangat sedikit sekali waktu itu," kata Kopa Rihi.

Petani lainya Agustinus Muda Kaka, juga menyampaikan hal yang sama.

Muda Kaka menambahkan, biasanya pada musim tanam sebelumnya mereka mendapatkan benih jagung bantuan dari dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sumba Timur, namun pada musim tanam kali ini, sampai dengan saat ini belum ada bantuan benih jagung tersebut. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help