Lagi, CHMK Wisuda 214 Orang Lulusan

Ini yang dikatakan Ketua Stikes CHMK terkait dengan mutu lulusan dari lembaga yang diasuhnya

Lagi, CHMK Wisuda 214 Orang Lulusan
Pos Kupang/Gordi Donofan
Ketua Stikes CHMK drg. Jeffrey Jap, M.Kes saat mewisuda lulusan CHMK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM | KUPANG - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Husada Mandiri Kupang (Stikes CHMK) kembali mewisudakan 214 lulusan.

Pada Wisuda Sarjana Keperawatan dan Ahli Madya Kebidanan Serta Pengambilan Sumpah, Pelantikan Bidan dan Ners Tahun 2016/2017, kali ini mewisudakan 121 Sarjana Keperawatan, 74 orang Diploma Kebidanan dan 19 orang Profesi Ners.

Prosesi wisuda berlangsung di Hotel Oriental, Jalan Timor Raya Kelapa Lima Kota Kupang, Kamis (14/12/2017).

Sampai pada tahun yang ke- 9 ini Stikes CHMK sudah menghasilkan lulusan sebanyak 1.534 tenaga kesehatan.

Direktur RSUD W.Z Johannes Kupang, drg. Domi Mere, M.Kes, dalam sambutannya mengapresiasi kepada Stikes CHMK yang sudah berkontribusi bagi pembangunan di NTT baik di bidang Kesehatan dan Pendidikan.

Wisudawan CHMK
Wisudawan CHMK (Pos Kupang/Gordi Donofan)

Ia mengaharapkan agar lulusan CHMK dapat menerapkan ilmu serta kompetensi yang diperoleh didunia kampus ke tengah-tengah masyarakat.

Sementara Ketua Stikes CHMK, drg. Jeffrey Jap, M.Kes, mengatakan, mutu sebuah perguruan tinggi tentu berawal dari sebuah proses yang benar. Stikes CHMK sudah memberikan dan menunjukan kualitas melalui proses yang benar.

"Sebagai institusi pendidikan kesehatan yang benar kami telah mencoba memberikan yang terbaik dari apa yang kami miliki. Kami sadar NTT penuh dengan keunikan dan keterbatasan. Oleh sebab itu kami mendidik dengan nilai tanpa kompromi apalagi belas kasihan. Kami tidak mentolerir segala bentuk tindakan amoral dan undisipliner. Disiplin selalu dikedepankan sembari terus mengasah budi dan nurani," ungkap drg. Jeffrey Jap disambut tepuk tangan meriah dari para tamu undangan.

Ia melukiskan, rangkaian proses akademik yang dijalankan oleh Stikes CHMK selalu diarahkan kepada persoalan caring dan olah rasa kasih sayang kepada sesama manusia, lewat program-program komunitas sebagai ciri khas masing-masing Program Studi (Prodi).

"Kami akui jumlah lulusan tepat waktu kami selama tiga tahun terakhir masih dibawah target atau tidak mencapai 100% . Namun ini juga adalah bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat bahwa kami hanya melepaskan mereka yang memang benar-benar telah berkompeten dan bagi yang belum izinkan kami memprosesnya lagi dalam kawah candradimuka kampus Citra Husada Mandiri hingga benar-benar setara dengan yang lainnya," ungkap Jap.

Ia mengungkapkan, hasil Ujia Kompetensi 3 tahun terakhir masih membuktikan Stikes CHMK dikategorikan baik dan terbaik dalam lingkup NTT. Bentuk capaian itu, D3 Kebidanan (80,3%, 85,86%, 93,5%) dan Profesi Ners (44,44% dan 55, 36%).

Wisudawan CHMK
Wisudawan CHMK (Pos Kupang/Gordi Donofan)

Jeffery menegaskan, Stikes CHMK akan terus melakukan inovasi memanfaatkan segala sumberdaya yang ada untuk bergerak walau dari hal-hal yang kecil dan sederhana.

"Mulai dari gerakan 1000 akseptor, Posyandu kampus, gerakan 1000 hari pertama mengawal kehidupan yang salam konteks Stikes CHMK kami menyebutnya, Center Of New Generation Care yang akan kami launching di tahun 2018. Kami terus berjuang dalam keterbatasan ini dengan membuka cakrawala berpikir anak didik kami untuk menatap jauh kedepan sebab hakikat dari pendidikan sejatinya terletak pada mindset-attitude -habits dan character," ungkap Jap.

Ia mengatakan, Stikes CHMK mengharapkan mahasiswa terampil dalam bidang apapun selain bidang kesehatan. Mampu berkomunikasi baik dengan pihak lain, berkolaborasi untuk pemecahan masalah dan mampu menganalisis setiap untuk menemukan solusi, kritis dan kreatif serta mampu mengaplikasikan semua hal positif dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help