Petani Watumbaka Sumba Timur Mengaku Kesulitan Bibit Jagung

Ini keluhan dari segelintir petani jagung di Kabupaten Sumba Timur terkait dengan benih jagung

Petani Watumbaka Sumba Timur Mengaku Kesulitan Bibit Jagung
Pos Kupang/Robert Ropo
Kebun milik seorang petani Watumbaka yang siap ditanami jagung, Selasa (12/12/2017) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Para petani di Watumbeka, Kelurahan Watumbeka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur kini mulai menyiapkan lahan untuk menanam tanaman jagung.

Namun bibit jagungnya ada sebagian petani mengeluh karena tak ada persedian bibit jagung tersebut.

Petani setempat, Dorkas Ima ketika ditemui Pos Kupang di kampung Watumbaka kelurahan setempat, Selasa (12/12/2017) mengaku tidak memiliki bibit jagung untuk ditanam di kebun jagung yang sudah mulai siapkan.

Ima mengatakan, untuk bisa menanam di kebun miliknya ia pun meminta bibit jagung dari keluarganya.

"Saya tidak ada bibit jagung untuk tanam, tetapi saya ada dapat sedikit bibit jagung saya ada minta di kakak, kebetulan kaka ada simpan sedikit," kata Ima.

Ima juga mengaku tidak tersediahnya bibit karena pada musim panen sebelumnya mereka gagal panen disebabkan curah hujan sedikit dan juga ada ternak masuk kebun menghabisi tanaman jagung mereka.

Alfred mengaku dirinya masih menyimpan sedikit benih untuk bisa tanam di kebun miliknya. "Saya ada benih sedikit bisa tanam di kebun saya ini. Pasti ada juga bantuan dari dinas," ungkap Alfred.

Alfred juga mengaku, musim hujan kali ini cukup lumayan bagus dibandingkan dengan musim hujan sebelumnya yang sangat sedikit.

"Saya tunggu saja, kalau hujan tambah satu kali siap saya eksekusi sudah, lahan juga saya sudah mau habis bajak ini," ungkap Alfred. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help