Donor Darah Hari Juang Kartika di Makorem Kupang Terkumpul 146 Kantong Darah

Donor darah merupakan satu dari sekian banyak kegiatan dalam rangka Hari Juang Kartika di Makorem 161 Wira Sakti Kupang

Donor Darah Hari Juang Kartika di Makorem Kupang Terkumpul 146 Kantong Darah
Istimewah
Donor darah di Makorem Kupang dalam rangka Hari Juang Kartika 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Maria A.E. Toda

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyongsong peringatan Hari Juang Kartika 2017 yaitu kegiatan donor darah.

Seperti yang terlihat di Aula serbaguna Makorem 161 Wira Sakti Senin (11/12/2017) Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan donor darah di dengan melibatkan sebanyak 200 Personel TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, Basarnas, Ibu-ibu Persit dan juga warga sipil.

Pembukaan kegiatan donor darah dilakukan oleh Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Czi Aji Jaya, mewakili Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan wujud kepedulian TNI AD khususya Korem 161/Wira Sakti untuk mendukung program kemanusiaan yang hasilnya akan disumbangkan kepada orang yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan bahwasannya setetes darah yang kita sumbangkan dengan tulus ikhlas sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang.

Donor darah di Makorem Kupang dalam rangka Hari Juang Kartika
Donor darah di Makorem Kupang dalam rangka Hari Juang Kartika (Istimewah)

Koordinator kegiatan donor darah yang juga Dandenkesyah 09.04.01 Kupang Letkol Ckm Prabowo Effendi, S.H., M.M., mengatakan 200 kantong darah diharapkan akan terkumpul, tetapi pada kesempatan ini kita mendapatkan sebanyak 146 kantong darah dengan rincian golongan darah A sebanyak 33 kantong, golongan darah B sebanyak 48 kantong, golongan darah O sebanyak 56 kantong dan golongan darah AB sebanyak 9 kantong.

Sementara itu Kabag Administrasi Unit Transfusi Darah PMI Provinsi NTT Dion Tahun mengucapkan terima kasih kepada Korem 16/ Wira Sakti yang telah membantu PMI menyediakan darah bagi warga.

Ia menegaskan, sumbangan darah yang diberikan oleh unsur TNI dan Polri selama ini menempati sebagai pendonor paling banyak di Nusa Tenggara Timur, disamping ASN maupun mahasiswa.

Untuk itu aksi mulia dan kontribusi yang dilakukan Korem 161/Wira Sakti dan jajaran mampu untuk membantu ketersediaan darah di Bank Darah PMI Nusa Tenggara Timur yang hampir setiap harinya membutuhkan sebanyak 50 kantong.

Menurutnya, hasil donor darah yang terkumpul ini selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan atau screaning untuk mengetahui kelayakannya dari aspek kesehatan, jika dalam kondisi baik dan layak selanjutnya akan didistribusikan untuk mendukung kebutuhan darah di rumah sakit yang ada di Kota dan Kabupaten Kupang. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help