PosKupang/

Berita Flores Lembata Alor

Penetapan Perda PD Ditunda, Bapenperda DPRD Nagekeo Gagal Sepakati Modal Awal untuk PD `Riwu Rai'

Meski demikian, Bapenperda sepakat menerima naskah akademik (NA) dan rancangan dari perda tersebut.

Penetapan Perda PD Ditunda, Bapenperda DPRD Nagekeo Gagal Sepakati Modal Awal untuk PD `Riwu Rai'
POS KUPANG/ADIANA AHMAD
Bapen Perda DPRD Nagekeo bersama Tim Kementerian Hukum dan HAM Kanwil NTT dan Pemda Nagekeo dalam rapat Pembahasan Ranperda Pembentukan PD Riwu Rai, Ranperda Disabilitas dan Ranperda Pencegahan Tindak Pidana Persagangan Orang (TPPO) di Gedung DPRD Nagekeo, Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|MBAY--Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapenperda) DPRD Nagekeo, Kamis (7/12/2017) kembali gagal mencpai kata sepakat tentang modal awal yang akan digelontorkan ke Perusahaan Daerah (PD) `Riwu Rai'.

Perda tentang pembentukan PD tersebut pun kembali gagal
ditetapkan tahun ini.

Argumentsi yang dibangun para wakil rakyat menunda penetapan Perda pembentukan perusahaan daerah adalah belum adanya kajian bisnis secara mendalam atau bisnis plan dari perusahaan tersebut sebagai dasar bagi Bapenperda untuk menentukan besarnya modal awal dari perusahan tersebut.

Meski demikian, Bapenperda sepakat menerima naskah akademik (NA) dan rancangan dari perda tersebut.

Sebelum sampai pada kata sepakat untuk menunda penetapan Perda tentang Pembentukan Perusahaan daerah, sempat terjadi perdebatan panjang dalam forum rapat Bepenperda dengan OPD.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Bapenperda, Silvester Loye, para anggota Bepenperda terbagi menjadi dua kelompok, mendukung penetapan Perda PD segera dilakukan tahun ini dan kelompok yang meminta penundaan penetapan Perda PD dengan alasan belum ada bisnis plan atau core bisnis dari perusahaan daerah tersebut.

Dalam rancangan Perda PD `Riwu Rai' disebutkan, kehadiran PD Riwu Rai mendesak untuk mengatasi ketidakpastian harga komoditi pertanian, peternakan, perkebunan di daerah itu.

Perbedaan pendapat juga terjadi dalam penentuan besarnya modal awal untuk PD Riwu Rai.

Lagi-lagi, bisnis plan menjadi batu sandungan bagi PD Riwu Rai mendapatkan persetujuan Modal awal dari Bapenperda.

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahma
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help