PosKupang/

Cara Hemat Anggaran Triliun Rupiah Versi Susinisasi, Simak Yuk

Ada beberapa hal yang membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghemat anggaran hingga sebegitu besar.

Cara Hemat Anggaran Triliun Rupiah Versi Susinisasi, Simak Yuk
tribunnews batam/argianto
Susi Pudjiastuti 

POS-KUPANG.COM--Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berhasil melakukan penghematan di kementerian yang dipimpinnya hingga Rp 8,28 triliun dalam rentang 2015 hingga 2017.

Ilustrasi: Uang rupiah
Ilustrasi: Uang rupiah (net)

Ada beberapa hal yang membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghemat anggaran hingga sebegitu besar.

Salah satunya, Susi mengetahui dengan sangat detail harga barang-barang yang dibeli oleh kementerian yang dipimpinnya.

Screenshot akun Instagram Nadine Pudjiastuti yang memperlihatkan Nadine bersama ibunya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (instagram.com/nadiepascale)(Akun Instagram nadiepascale)
Screenshot akun Instagram Nadine Pudjiastuti yang memperlihatkan Nadine bersama ibunya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (instagram.com/nadiepascale)(Akun Instagram nadiepascale) ()

Sebagaimana yang dikisahkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan R. Nilanto Perbowo, Susi akan melihat satu per satu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang disusun anak buahnya.

Harga yang dimasukkan dalam DIPA harus wajar dan sesuai dengan harga di pasar.

"Pejabat eselon I yang menyusun harus bisa mempertanggungjawabkan besaran DIPA. Kalau tidak bisa menjelaskan, ya siap-siap dimarahi di depan anak buahnya," kata Nilanto, Kamis (7/12/2017).

Menteri DKP Susi Pudjiastuti saat ikut Labuhan.
Menteri DKP Susi Pudjiastuti saat ikut Labuhan. (Kompas.com)

Ya, menteri asal Pangandaran ini tahu harga yang akan dibeli oleh instansi yang dipimpinnya. Jangankan harga barang-barang di sektor perikanan dan kelautan, Susi bahkan juga sangat paham harga berbagai jenis ikan yang tiap hari berubah.

Selain pemahaman yang detail tentang harga, Susi merupakan menteri yang sangat pragmatis.

Dia tak mau anggaran di KKP dihamburkan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak jelas hasilnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan keterangan mengenai rencana penenggelaman kapal asing di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (15/10/2015).
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan keterangan mengenai rencana penenggelaman kapal asing di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (15/10/2015). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebaliknya, anggaran lebih banyak digunakan untuk belanja modal dan barang.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help