PosKupang/

Ratna Minta Dana Desa Dikelola Dengan Baik

Ini alasan Staf ahli Menteri bidang pengembangan Ekonomi Lokal KDPDT dan Transmigrasi RI, Ratna Dewi Andriati soal dana desa

Ratna Minta Dana Desa Dikelola Dengan Baik
Pos Kupang/Robert Ropo
Staf ahli Menteri bidang pengembangan Ekonomi Lokal KDPDT dan Transmigrasi RI, Ratna Dewi Andriati (tengah) saat sosialisasi dana desa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Staf ahli Menteri bidang pengembangan Ekonomi Lokal KDPDT dan Transmigrasi RI, Ratna Dewi Andriati meminta agar dana desa dikelola dengan baik agar dapat mengangkat dan menyejahterakan masyarakat desa.

Andriati menyampaikan itu saat ditemui Pos Kupang di kantor bupati Sumba Timur, Kamis (7/12/2017).

Adriati mengatakan, Pihaknya diutus menteri agar mengsosilisasikan dana desa tentang bagaimana pola pengelolaan dana desa di tahun 2018.

Ia menjelaskan, pertama anggaran dana desa tersebut harus betul-betul bermanfaat dan menyejahterakan masyarakat dengan kegiatanya usahakan memanfaatkan tenaga kerja yang ada di masyarakat.

"Sehingga ingin membangun posyadu harus memanfaatkan 50 persen memanfaatkan tenaga kerja di desa itu sendiri maka dengan otomatis pendapatan masyarakat di desanya lebih baik dengan adanya dana desa," kata Andriati.

Menurutnya, dana desa itu harapannya semakin baik dari desa itu sendiri.

Selain itu, kebijakan dana desa ada perubahan dari kementerian keuangan kalau pada semula 90 persen pemerataan, namun di tahun 2018 77 persen pemerataan, sementara 3 persen diutamakan bagi desa-desa tertinggal, kemudian 20 persen diutamakan dilihat dari jumlah penduduk, keterjangkauan desa tersebut, kemiskinan yang sudah diakses.

"Saya kira kemudian bagaimana kondisi desa itu, shingga kedepan bisa megangkatnya dan tidak ada lagi kemiskinan di desa dimana benar-benar dana desa iini dimanfaatkan dengan baik dan butuh kerja keras sehingga daerah tertinggal sehingga Indonesia bisa masuk 15 besar negara termaju didunia, ini harapannya," ungkap Andriati. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help