PosKupang/

BREAKINGNEWS: Parah! Puting Beliung Kembali Berkecamuk di Lembor, Manggarai Barat

Ini penuturan dari saksi mata terkait dengan puting beliung yang berkecamuk di Lembor

BREAKINGNEWS: Parah! Puting Beliung Kembali Berkecamuk di Lembor, Manggarai Barat
ISTIMEWA
Kerusakan akibat puting beliung di Lembor, Kamis (7/12/2017) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servan Mammilianus

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Angin Puting Beliung kembali menghancurkan sejumlah bangunan di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Kali ini puting beliung itu merobohkan sedikitnya 45 unit rumah warga dan stan jualan serta 1 sekolah, yakni SDN Malawatar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Kamis (7/12/2017) pukul 14.45 Wita itu.

Puting Beliung terjadi pada tiga lokasi sekaligus. Ketiga lokasi itu, yakni Kompleks Pasar Malawatar; Kompleks Terminal dan Kompleks Perumahan HK.

Rumah rusak akibat puting beliung di Lembor
Rumah rusak akibat puting beliung di Lembor (Istimewah)

Hingga berita ini ditulis Kamis sore, petugas kecamatan bersama pihak terkait lainnya sedang melakukan penanganan, termasuk mendata jumlah akurat bangunan yang roboh serta kerugian lainnya.

"Data sementara yang kami terima, jumlah bangunan yang roboh sebanyak 45 unit. Ada juga yang atapnya terangkat dan diterbang angin. Selain itu ada yang rata tanah seperti rumah gedek dan dapur. Demikianpun dengan stan jualan di Pasar Malawatar," kata Camat Lembor, Paulus Malu yang dikonfirmasi Kamis sore itu.

Tentang SDN Malawatar, disampaikannya bahwa ada satu unit ruangan di sekolah itu yang roboh rata tanah. Atap dari sejumlah ruangan lainnya terangkat dan rusak.

Saksi mata, Fransiskus Trisno yang juga dikonfirmasi Pos Kupang secara terpisah, menuturkan bahwa kejadian itu datang tiba-tiba.

"Saat kejadian, cuaca memang mendung sehingga tidak terik. Tiba-tiba terjadi angin Puting Beliung yang datang dari arah selatan. Stan jualan di Pasar Malawatar banyak yang roboh, tertutama stan kecil seperti tempat jual ayam. Saat kejadian saya berada di lokasi itu," kata Fransiskus.

Salah satu tokoh masyarakat Lembor, Mikhael Kaus juga menuturkan hal senada.

Rumah rusak akibat puting beliung di Lembor
Rumah rusak akibat puting beliung di Lembor (Istimewah)

"Tadi terjadi di beberapa lokasi sekaligus. Seperti di pasar dan terminal. Stan jualan dan rumah warga di sekitar itu banyak yang roboh. Kerusakan juga terjadi di SDN Malawatar," kata Mikhael.

Sebelumnya diberitakan, angin puting beliung terjadi di Lembor Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kamis (5/10/2017) pukul 13.30 Wita, saat hujan sedang turun.

Sebanyak 43 unit rumah dan gudang penggilingan di Kelurahan Tangge dan Desa Ngantar, Kecamatan Lembor, hancur. Tidak ada korban jiwa, tetapi ada tiga orang yang mengalami luka-luka.

Dari tiga orang itu, satu orang yang tertindih reruntuhan rumah atas nama Stanislaus Abit, dirawat intensif di Puskesmas Lembor.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help