UKAW Kupang Gelar Pekan Ilmiah Academia 2017, Ini Tujuannya!

"Ini soal budaya lisan yang dominan sedangkan budaya menulis, minat baca dan berpikir kurang. Ini mendorong UKAW untuk membangun pola literasi."

UKAW Kupang Gelar Pekan Ilmiah Academia 2017, Ini Tujuannya!
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Rektor UKAW Kupang, Frankie J. Salean bersama panitia seusai memberi penjelasan tentang Pekan Ilmiah UKAW, Sabtu (2/12/2017). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Universitas Kristen Artha Wacana Kupang (UKAW) akan melaksanakan Pekan Ilmiah Academia 2017.

Kegiatan bertajuk Melawan Hoax dan Plagiarisme, UKAW Membangun Gerakan Literasi digelar di kampus UKAW Kupang, Senin-Sabtu (4-9/12/2017).

Pekan ilmiah diisi dengan seminar nasional, expo dan pameran buku serta membentuk forum literasi.

Penanggungjawab kegiatan pekan ilmiah, Dr. Mesakh Dethan menjelaskan kegiatan bertujuan membangun gerakan literasi dikalangan mahasiswa dan dosen.

Selain itu, membudayakan minat baca, membuka wawasan dan kreatifitas serta membuka jaringan seluas-luasnya sesama mahasiswa se NTT.

"Sebenarnya berawal dari keprihatinan nasional soal literasi Indonesia urutan 60 dari 61 negara. Ini soal budaya lisan yang dominan sedangkan budaya menulis, minat baca dan berpikir kurang. Ini yang mendorong UKAW untuk membangun pola literasi yaitu membaca, menulis dan berpikir," jelas Mesakh Dethan, Sabtu (2/12/2017).

Menurutnya, di Indonesia pengguna media sosial (Medsos) sangat tinggi. Sedangkan literasi rendah. Ini juga bagian mulai untuk melawan hoax dengan literasi.

"UKAW mau mendorong gerakan melawan hoax melalui gerakan literasi sebagai bentuk tanggungjawab perguruan tinggi untuk menggelorakan semangat membaca, menulis dan berpikir. Mari kita perangi dan lawan hoax. Ini semua bertujuan untuk membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik mulai dari kampus," katanya.

Mesakh Dethan menyebut peserta pekan ilmiah berjumlah 125 hingga 350 orang, terdiri dari mahasiswa, dosen, pendeta, ulama, kepala perpustakaan SMA dan SMP se-NTT.

"Di UKAW, kita sudah mulai mendorong mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan karya ilmiah. Kami akan memberikan penghargaan pada forum academia nanti," ujarnya.

Rektor UKAW Kupang, Frankie Jan Salean, SE, MP mengatakan, forum academia diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua dan meningkatkan pemahaman serta ilmu pengetahuan.

"Saya berharap agar mahasiswa, dosen, membangun kesadaran literasi. Literasi juga bukan tanggungjawab Perguruan Tinggi saja tapi semua kalangan. Kita harus bijak dan melawan hoax dan tidak boleh lakukan plagiarisme mulai dari dunia kampus," harap Frankie.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help