Biogas, Solusi Cerdas Anak Kesmas

Puluhan warga RT 15 Dusun IV berkumpul saat itu. Mereka melihat cara membuat biogas dari kotoran ternak dan serbuk.

Biogas, Solusi Cerdas Anak Kesmas
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Mahasiswa dan warga RT 15 Dusun IV Desa Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang, Selasa (21/11/2017). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM | KUPANG - Suasana di halaman rumah Matheos Banao, Ketua RT 15, Dusun IV, Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang, tampak ramai.

Sekitar pukul 11. 00 ada sekitar 13 orang mahasiswa Praktek Belajar Lapangan I (PBL I) kelompok 08 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang melakukan demonstrasi pembuatan biogas sederhana.

Baca: Pemkab Sumba Barat Mulai Berlakukan Pelayanan Aliran Marapu

Tak hanya mahasiswa, puluhan warga RT 15 Dusun IV berkumpul saat itu. Mereka melihat cara membuat biogas dari kotoran ternak dan serbuk yang bisa dipakai untuk bahan baku biogas.

Demonstrasi pembuatan biogas bertujuan untuk mengolah kotoran ternak menjadi bahan yang bisa dipakai untuk keperluan rumah tangga. Seperti untuk menggantikan minyak tanah pada kompor.

Siang itu mereka tampak semangat. Panas trik mentari yang menyengat kulit tak mereka hiraukan. Mereka terlihat sibuk melakukan demonstrasi. Canda tawa warga bersama mahasiswapun tak terhindarkan. Ada yang sibuk membuat biogas dan adapula yang yang mengumpulkan kotoran ternak yang diolah menjadi pupuk.

Baca: Pulau Ende Bebas dari Rokok

Diana Hattu, anggota kelompok 8 PBL I, mengatakan demonstrasi ini dilakukan dalam rangka mengatasi masalah pengolahan kotoran ternak yang kurang baik di masyarakat Desa Oeltua.

"Pembuatan biogas sederhana ini menggunakan alat dan bahan yang dapat diperoleh dengan mudah oleh masyarakat. Kotoran ternak dan serbuk kayu bisa digunakan," ungkap Diana, Selasa (21/11/2017).

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved