PosKupang/

Ini Cara BPBD Kabupaten Mengantisipasi Kemungkinan Tanah Longsor

Kemungkinan tanah longsor di Kabupaten Kupang pasti ada. Ini cara BPBD setempat untuk antisipasi tanah longsor

Ini Cara BPBD Kabupaten Mengantisipasi Kemungkinan Tanah Longsor
istimewa
Ilustrasi tanah longsor 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayon

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang saat ini sudah melakukan pemetaan terhadap 10 titik rawan bencana tanah longsor yang kerap terjadi saat musim hujan tiba di Kabupaten Kupang.

BPBD bersama masyarakat telah mengambil langkah dengan memberikan tanda peringatan pada titik rawan longsor agar warga selalu berhati-hati jika melintasi area rawan tersebut.

Warga juga diberikan peringatan bahwa jika terjadi bencana alam maka segera melaporkan ke pos komando (posko) bencana di kabupaten karena selalu siaga 1x24 jam.

Kepala BPBD Kabupaten Kupang, Charles Panie, kepada Pos Kupang, Senin (20/11/2017) menjelaskan, mengantisipasi potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Kupang, pihaknya telah melakukan pemantauan dan memetakan 10 titik yang rawan bencana banjir maupun tanah longsor.

BPBD berkoordinasi dengan aparat desa dan warga untuk memasang tanda peringatan dini agar warga selalu waspada manakala hujan dengan intesitas tinggi.

Saat ini, kata Panie, memang belum ada laporan dari masyarakat terkait bencana alam karena tingkat intensitas curah hujan masih sedikit. Tapi tim khusus dari BPBD terus melakukan komunikasi ke desa-desa untuk mendapatkan keterangan manakala hujan yang sedang berlangsung saat ini, berdampak pada adanya bencana alam. (*)

Penulis: Edy Hayon
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help