Komunitas Adat Minta Perluasan Area Pati Ka di Kawasan Danau Kelimutu

Don Bosco Watu mengatakan pengerjaan anjungan semata-mata dilakukan untuk kepentingan keamanan dan keselamatan para pengunjung.

Komunitas Adat Minta Perluasan Area Pati Ka di Kawasan Danau Kelimutu
istimewa
Yohanes Don Bosco Watu 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Romuladus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Ketua Forum Komunitas Adat Kelimutu, Yohanes Don Bosco Watu meminta pekerjaan di sekitar kawasan Danau Kelimutu tetap dilanjutkan, terutama area pati ka.

Pati ka merupakan tempat seremoni adat pemberian makanan bagi leluhur.

Menurut Don Bosco Watu area pati ka harus diperluas agar dapat menampung sekitar 300 orang.

Ditemui Minggu (19/11/2017), Don Bosco Watu mengatakan pengerjaan anjungan semata-mata dilakukan untuk kepentingan keamanan dan keselamatan para pengunjung.

Selain itu pekerjaan tersebut sudah melewati tahapan penyusunan master plan baik pihak pengelola dan para mosalaki (tokoh adat-red).

Dia mengapresiasi pemerintah Kabupaten Ende yang telah mendukung pelaksanaan pati ka dua bapu ata mata dengan even tahunan sepekan Danau kelimutu.

Menurut Don Bosco Watu tujuan dilaksanakan seremonial tersebut adalah menghormati arwah leluhur dan melestarikan nilai-nilai adat istiadat yang berlaku.

Dikatakan keterlibatan seluruh mosalaki yang berada dibawa naungan Forum Komunitas Adat Kelimutu ikut mendukung seremonial tersebut.

Sekitar 300 mosalaki yang terlibat dalam seremonial pati ka tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan forum bahwa area pati ka harus diperluas agar bisa menampung mosalaki pada saat memberi pati ka.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help