Jadikan Kupang Kota Layak Anak

Kota Kupang meraih Penghargaan Parahita Ekapraya (APE) tahun 2016 kategori Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Jadikan Kupang Kota Layak Anak
Pos Kupang/Hermina Pello
Wakil Walikota Kupang, dr Hermanus Man 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wakil Walikota Kupang, dr Hermanus Man mengatakan geliat pembangunan di Kota Kupang yang kian pesat memunculkan berbagai permasalahan yang semakin kompleks.

Di antaranya masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pekerja anak, kekerasan fisik, kekerasan/pelecehan seksual dan kekerasan ekonomi.

Pemerintah Kota Kupang telah mengambil upaya pencegahan dan langkah meminimalisir tingkat kekerasan di Kota Kupang dengan melakukan sosialisasi undang-undang kekerasan dan perlindungan anak serta pemahaman gender dan pemberdayaan perempuan.

Baca: Polisi Tetapkan Wartawan Metro TV Pengemudi Mobil Setya Novanto Sebagai Tersangka

Hermanus Man mengatakan hal ini dalam Seminar Akhir Kajian Pemahaman Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Kupang, Jumat (17/11/2017). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Hotel Ima Kupang.

Dikatakan, upaya tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Kota Kupang meraih Penghargaan Parahita Ekapraya (APE) tahun 2016 kategori Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Penghargaan yang telah diraih seyogyanya menjadi pemicu untuk memotivasi kita agar terus melakukan berbagai upaya dalam mensosialisasikan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penegakan hukum dan sanksi tegas terhadap perilaku kekerasan," katanya.

Baca: Setya Novanto Naik Fortuner Disopiri Wartawan Metro TV

Dia mengharapkan kegiatan ini dapat mengurangi anak-anak menjadi korban kekerasan dan menjadi pekerja anak sehingga kembali memperoleh hak mendapat pendidikan.

"Tentu berbagai permasalahan yang kita hadapi ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk terus bekerja dan mencari solusi agar pembangunan di kota Kupang menjadi kota layak anak dan ramah anak selaras dengan moto Kupang Kota Kasih, " ujar Hermanus Man.

Menurutnya hasil dari kegiatan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah Kota Kupang dalam menetapkan kebijakan bagi upaya pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan penegakan hukum, sehingga perwujudan kota layak anak dan ramah anak di Kota Kupang menjadi prioritas dan berkelanjutan.

Baca: Setya Novanto Dipindahkan ke RS Cipto Mangunkusumo, Begini Kondisinya

Kepala Balitbang Kota Kupang, Noce Nus Loa mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun partisipasi masyarakat untuk mendukung segala upaya atau tindakan semua kegiatan yang berkaitan dengan peyetaraan gender, bagaimana perempuan berperan baik dalam keluarga, dan dalam organisasi lainnya, serta memberikan hak-hak anak untuk mendapatkan haknya baik dalam pendidikan, kasih sayang, kesehetan, asupan gizi dan lainnya.

"Penelitian yang digelar ini diharapkan mendapat masukan-masukan yang bermanfaat, untuk kemudian dijadikan sebagai landasan berbagai program pemerintah, terutama yang berkaitan dengan penyetaraan gender maupun hak-hak anak," kata Noce.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help