PosKupang/

Politani Kupang Integrasikan Pembibitan Ternak Ayam dan Tanaman Pangan

Dengan menyelenggarakan IbIKK, perguruan tinggi berpeluang memperoleh pendapatan dan membantu menciptakan wirausaha baru

Politani Kupang Integrasikan Pembibitan Ternak Ayam dan Tanaman Pangan
istimewa
Tim IbIKK Politani Negeri Kupang saat berada di kandang persilangan ayam. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang melaksanakan kegiatan Ipteks bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK).

IbIKK merupakan salah satu skim pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dosen Politani Negeri Kupang, Micha S. Ratu Rihi, SP, M.Si menjelaskan IbIKK berkaitan dengan upaya pengembangan budaya knowledge based economy.

Menurutnya, perguruan tinggi diberi akses dalam wujud knowledge and technopark yang memanfaatkan pengetahuan, pendidikan maupun riset dosen.

Kandang ayam
Kandang ayam (istimewa)

"Dengan menyelenggarakan IbIKK, perguruan tinggi berpeluang memperoleh pendapatan dan membantu menciptakan wirausaha baru," kata Micha di Kupang, Selasa (14/11/2017).

Program IbIKK diharapkan mampu mendorong perguruan tinggi dalam membangun akses yang menghasilkan produk jasa dan/atau teknologi hasil ciptaannya sendiri.

Wujud IbIKK di perguruan tinggi, jelas Micha, dapat berupa badan usaha atau bermitra dengan industri lainnya dan dapat didirikan serta dikelola oleh kelompok dosen sesuai dengan kompetensinya di level laboratorium, pilot plant, bengkel, jurusan/departemen, fakultas/sekolah, UPT, pusat riset dan pengembangan atau lembaga lain yang berada di dalam perguruan tinggi tersebut.

Dikatakan, salah satu kegiatan IbIKK yang dilakukan di Politani Negeri Kupang selama tahun 2015-2017, yaitu intergrasi pembibitan ternak ayam pedaging dan tanaman pangan.

Ayam hasil persilangan yang dijadikan induk
Ayam hasil persilangan yang dijadikan induk (istimewa)

"Intergrasi di sini berarti bahwa pembibitan ternak ayam dan penanaman jagung sebagai pakan ternak ayam dilakukan di satu lokasi yaitu kampus Politani Negeri Kupang," ujarnya.

Sesuai dengan namanya, Ipteks bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus, pelaksanaan kegiatan IbIKK harus dilakukan di dalam kampus.

Halaman
1234
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help