PosKupang/

Tiga Kecamatan di Manggarai Barat Rawan Longsor

Topografi tiga kecamatan di Manggarai Barat ternyata rawan terhadap longsor dan angin puting beliung

Tiga Kecamatan di Manggarai Barat Rawan Longsor
Istimewah
Ruas jalan Golo Welu - Ranggu yang longsor. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servan Mammilianus

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Sejumlah titik yang rawan terjadi longsor dalam musim hujan kali ini di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), tersebar pada tiga kecamatan.

Tiga kecamatan itu, yakni Kuwus, Macang Pacar dan Ndoso.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mabar, Don Jaghur, menyampaikan itu terkait data potensi longsor di Flores Barat itu.

Kecamatan lainnya, kata dia, tetap ada potensi longsor, seperti Mbeliling, Boleng, Sanonggoang dan beberapa lainnya yang semuanya berjumlah 10 kecamatan. Namun tiga kecamatan tadi tingkat kerawanannya tinggi.

"Tiga kecamatan itu tingkat kerawanannya tinggi karena keadaan wilayahnya banyak gunung dan berbukit. Kami sudah berkoordinasi untuk upaya antisipasi, seperti menyiapkan alat berat," kata Don, saat dikonfirmasi Hari Selasa (14/11/2017).

Selain longsor, bahaya puting beliung juga kata dia harus diwaspadai.

Pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa untuk monitor sejumlah titik rawan longsor di daerah tersebut.

Secara terpisah, PLT Kepala Dinas Sosial Mabar, Agus Mangiradja, menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan beras 10 ton untuk didistribusikan kepada korban bencana.

"Kami masih memiliki stok beras sepuluh ton untuk siap-siap diberikan ke korban bencana, khususnya yang terjadi sampai Bulan Desember. Sehingga Januari nanti akan kami usulkan lagi stok beras baru," kata Agus.

Untuk diketahui, intensitas hujan di beberapa kecamatan wilayah Mabar terus meningkat. Warga dihimbau untuk hati-hati dan waspada. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help