PosKupang/

Buktikan Eksotis Teluk Maumere, Danlanal Ajak Lihat Pemandangan Bawah Air

Ini yang dikatakan Danlanal Maumere terkait keindahan terumbu Karang di Teluk Maumere

Buktikan Eksotis Teluk Maumere, Danlanal Ajak Lihat Pemandangan Bawah Air
Istimewah
Jenis terumbu karang yang hidup di perairan Dermaga Lanal Maumere di Pulau Flores, ditemukan Sabtu (11/11/2017)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Panorama bawah laut di Dermaga Lanal Maumere kawasan Teluk Maumere, Kabupaten Sikka di Pulau Flores, tak ada habisnya.

Hari Sabtu (11/11/2017), Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Maumere, Kolonel (Marinir) Sumantri mengajak Forkopimda Sikka, BUMN Maumere, pimpinan instansi unsur Kemaritiman, Bank Sampah NTT, Maumere Senorkeling Community dan Shoes For Flores serta siswa/i SMA Frater Maumere turun ke laut.

"Semua peserta mengaku puas menyaksikan pesona yang terhampar dari gugusan terumbu karang. Anggota Maumere Snorkeling Community menyatakan tidak dijumpai parasit bintang laut berwana hitam dan siput, parasit pengganggu atau perusak terumbu karang," ujar Sumantri,kepada pos-kupang.com, Selasa (14/11/2017).

Sumantri optimis, keindahan panorama terumbu karang yang ada di areal Dermaga Lanal Maumere layak diperhitungkan sebagai tempat snorkeling atau diving spot destination seperti Festival Teluk Maumere yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Sikka atau event lainnya.

Sebelum fun snorkeling, kata Sumantri, dilakukan pembersihan sampah plastik dan non organik yang dikumpulkan dan dibuang ke TPA Waturia.

Selain juga ditebar bibit lobster sumbangan pengusaha rumah makan Golden Fish Maumere.

Menurut Sumantri, lobster ini bisa berkembang biak dengan baik mengingat kontur sekaligus gugusan terumbu karang yang ada di areal Dermaga Lanal Maumere memenuhi syarat sebagai habitat bagi lobster bercapit panjang.

Fun snorkeling juga memberi pesan edukasi menjaga kebersihan pesisir pantai, sekaligus mengingatkan seluruh masyarakat pesisir pantai peduli dan turut ambil bagian menjaga kebersihan pantai, menjaga kelangsungan hidup atau kelestarian terumbu karang tempat berlindung serta berkembang biaknya berbagai jenis ikan.

Sumantri mengakui, kerja keras Komandan Lanal Maumere menjaga dan melindungi terumbu karang di areal Dermaga Lanal sudah membuahkan hasil.

Masyarakat yang domisili di sekitar Mako Lanal Maumere merespon, mengikuti arahan sosialisasi tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang sauh ketika melabuhkan kapalnya, menangkap ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan. (*)

Penulis: Eugenis Moa
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help