PosKupang/

Konsumen Harus Tahu Ini Saat Isi BBM di SPBU

Agar kita tidak ragu saat mengisi BBM di SPBU maka penting rasanya untuk tahu soal ini

Konsumen Harus Tahu Ini Saat Isi BBM di SPBU
BBM

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG, COM, KUPANG - Sebagai konsumen yang sering mengisi BBM di SPBU, sering kali kita dalam pemahaman konsumen mengira-ngira mengenai kualitas dari BBM yang diisi dan juga kuantitas, apakah ukurannya sesuai atau tidak. Padahal SPBU itu wajib melakukan kendali mutu di SPBU.

Sales excecutif retail wilayah XII Pertamina, Wahyudi yang dikonfirmasi Senin (13/11/2017) mengungkapkan, SPBU wajib untuk melakukan prosedur penanganan kualitas BBM di SPBU.

Bagaimana penanganan kualitas takaran muta kendali mutu SPBU, Wahyudi mengatakan, SPBU setiap kali wajib mengukur dan menyimpan BBM sampel yang disalurkan dari mobil tangki.

"Jadi, sebelum BBM dibongkar, SPBU wajib ambil sampel di dalam mobil tangki dan diuji kadar densitas, termperatur untuk masing-masing jenis produk yang didistribusikan sehingga betul produk yang diterima itu BBM jenis ini, kualitasnya sesuai dengan yang ditentukan," katanya.

Cara melakukan kendali mutu yakni SPBU mengambil satu liter BBM yang disalurkan kemudian diukur berat jenis, sehingga ada pembuktian bahwa barang yang akan dibongkar sesuai dengan jenis yang dipesan dan siap untuk dijual,.

"Itu prosedur sebelum dijual. Pihak SPBU wajib mengambil sampel masing masing kompartemen mobil tanki karena mobil tangki memiliki dua kompartemen maka SPBU wajib mengambil sampel dari dua kompartemen tersebut. Dan sampel yang wajib disimpan adalah sampel yang diambil dua hari pembongkaran terakhir," ujarnya.

Dia mengatakan, jadi setiap hari itu SPBU wajib mengambil sampel dan melakukan pengujian maka sampel yang harus disimpan adalah sampel dua hari terakhir sehingga kalau ada konsumen yang datang dan meminta SPBU untuk menunjukan BBM yang dibeli oleh konsumen maka SPBU harus menunjukan sampel yang disimpan tersebut,.

"Kalau konsumen ingin bertanya, seperti apa kualtias BBM yang dikirim maka bisa tanya ke manajemen atau pengawas SPBU karena sampel yang diambil itu akan dimasukan ke dalam kaleng dan disegel. Saat konsumen mau lihat, maka konsumen bisa menanyakan kepada pengawas atau manajemen SPBU untuk memperlihatkan sampel BBM, Nantinya SPBU membuka segel kaleng sampel dan nanti diukur berat jenis dan densitasnya untuk mengetahui jenis BBM," katanya

Itu penanganan dari sisi kualitas BBM. Ada juga penanganan secara yang rutin harian yang dilakukan oleh SPBU yakni pengecekan kadar air dan kadar kotoran.

Halaman
12
Penulis: hermina_pello
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help