PosKupang/

Runway Banjir, Aktivitas Bandara Supadio Lumpuh

Genangan air di landasan pacu bandara Supadio, Pontianak, menyebabkan semua penerbangan dijadwal ulang hingga kondisi benar-benar normal kembali.

Runway Banjir, Aktivitas Bandara Supadio Lumpuh
TRIBUN PONTIANAK/MADROSID
Air menggenangi runway Bandara Supadio Pontianak, Minggu (12/11/2017). Bandara Supadio Pontianak terpaksa ditutup sampai waktu belum bisa ditentukan. 

POS-KUPANG.COM | KUBU RAYA - Bandara Supadio Pontianak sementara belum bisa memastikan kapan kondisi runway normal, dan dapat di gunakan untuk penerbangan setelah tergenangi air hujan, Minggu (12/11/2017).

Pihak Angkasa Pura 2, mengatakan, untuk saat ini sedang melakukan upaya pembersihan genangan disisi kanan runway dengan panjang sekitar 10 meter, tepatnya didepan taxiway.

Sementara BMKG Suadio Pontianak untuk hari ini prediksi cuaca masih bertahan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan durasi waktu sementara ini bertahan hingga malam hari.

Genangan air yang menggenang landasan pacu bandara internasional Supadio, Pontianak, menyebabkan semua penerbangan dijadwal ulang hingga kondisi benar-benar normal kembali.

Ryand Destieano, seorang penumpang mengatakan, penerbangannya ke Makassar menggunakan maskapai Citilink pada Minggu pagi terpaksa ditunda karena peristiwa ini.

"Banyak penerbangan yang di-cancel dari pihak maskapai. Dijadwal ulang semuanya untuk berangkat besok," kata Ryand.

Penumpang lain yang berasal dari luar kota Pontianak banyak yang memilih menjadwal ulang penerbangan. Sebagai kompensasi, penumpang diberi makan dan penginapan sebagaimana mestinya dalam aturan penerbangan sipil.

GM Bandara Supadio, Bayuh Iswantoro mengatakan, terdapat lebih dari 20 penerbangan yang dibatalkan, baik itu keberangkatan maupun kedatangan di Bandara Supadio. 

Pembatalan terpaksa dilakukan karena pihak Angkasa Pura II masih berupaya melakukan normalisasi saluran yang ada.

"Kami belum menghitung kerugian yang ada. Yang jelas kami fokus kepada pelanggan supaya terpuaskan, karena memang kondisi fenomena alam dan semoga dapat diatasi segera mungkin," kata dia.  (*)

Editor: imam hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help