Jurnalisme Warga

Pemekaran 34 Desa di Kabupaten Sikka Telah Sesuai Peraturan

Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan Bupati Sikka Nomor 27 Tahun 2017 tanggal 10 Agustus 2017

Pemekaran 34 Desa di Kabupaten Sikka Telah Sesuai Peraturan
POS KUPANG.COM
YOSEPH ANSAR RERA 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Dalam pidato Hari Raya Kemerdekaan RI ke-72 pada Kamis 17 Agustus 2017, Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera mengumumkan telah ditetapkannya 34 desa persiapan yang dimekarkan dari 34 desa induk.

Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan Bupati Sikka Nomor 27 Tahun 2017 tanggal 10 Agustus 2017 tentang Pembentukan Tiga Puluh Empat Desa Persiapan.

Siaran pers Bagian Humas dan Protokol Pemkab Sikka, Sabtu (11/11/2017), menyebutkan, Keputusan Bupati Sikka merupakan jawaban Pemerintah Daerah terhadap proposal permohonan masyarakat atas pertimbangan untuk mendekatkan layanan pemerintah dan pemerataan pembangunan.

Dari ratusan proposal yang diterima sejak 2012, kesemuanya diteliti, dinilai dan diuji. Hasilnya, didapat 34 permohonan yang dinilai layak, berdasarkan peraturan/perundangan, terakhir adalah Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa.

Baca: Marselinus Ndapa Riwu Diduga Mengalami Penganiayaan Berat, Begini Reaksi Keluarganya

Terhadap Keputusan Bupati Sikka Nomor 27 Tahun 2017 tentang Pembentukan Tiga Puluh Empat Desa itu, Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya menilainya telah sesuai dengan peraturan dan perundangan, sehingga Gubernur NTT menerbitkan Kode Register 34 Desa Persiapan di Kabupaten Sikka, dalam surat nomor: BU.410/33/DPMD/2017.

Berdasarkan itu, selama Oktober dan November 2017, Bupati Sikka mengadakan kunjungan kerja ke-34 Desa Persiapan. Tujuannya adalah pertama, melihat secara langsung dan dari dekat ketersediaan sumber daya dan potensi desa persiapan.

Kedua, mendengarkan secara langsung kritik, saran, dan pendapat masyarakat.

Dan ketiga, memotivasi masyarakat ihwal bagaimana cara membangun desa, teristimewa desa persiapan.

Baca: Kisah Alumni SMAK Syuradikara Ende - dari Marching Band Pertama Hingga Wakil Gunernur NTT

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved