PosKupang/
Home »

Video

VIDEO: Danau Sanonggoang di Manggarai Barat Butuh Penataan  

Danau seluas 513 hektare itu merupakan danau vulkanik terbesar di NTT dengan panorama alam yang menarik.

VIDEO: Danau Sanonggoang di Manggarai Barat Butuh Penataan  
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Danau Sanonggoang 

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Danau Sanonggoang yang terletak di Kecamatan Sanonggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), butuh penataan dari pemerintah.

Danau seluas 513 hektare itu merupakan danau vulkanik terbesar di NTT dengan panorama alam yang menarik.

"Sebaiknya ditata, seperti jalan dan sarana pendukung lainnya sekitar danau. Selain panorama alam dan keindahan danau itu sendiri, daya tarik lainnya adalah tidak ada satupun ikan atau binatang lain yang hidup di dalam danau itu. Ini sangat menarik, khsususnya bagi para peneliti yang berhubungan dengan vulkanik," kata salah satu wisatawan domestik asal Jakarta, Ardiansyah saat ditemui di ruas jalan umum menuju Danau Sanonggoang, Sabtu (11/11/2017).

Baca: Ratusan Anak di Kupang Mengikuti Lomba Mewarnai

Hal senada disampaikan oleh Riani Madela pada kesempatan yang sama.

"Kami pulang dari Danau Sanonggoang. Sebelumnya kami tahu danau itu dari internet. Saya pribadi penasaran, makanya datang lihat langsung. Ternyata benar, pemandangannya keren. Hanya saja jalannya agak buruk, sarana pendukung di sekitar danau juga tidak ada," kata Riani.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Mabar, Pius Baut yang dikonfirmasi lewat ponselnya, mengakui perlunya penataan di danau itu.

Baca: Stevanus Pertahankan Sabuk Juara, Panen Bonus dari Andhy Gani Nena Wea

"Di danau itu juga ada air panas. Tidak ada ikan, kecuali angsa putih. Selain itu tidak ada yang hidup di dalam danau itu karena belerang. Danau itu adalah kawah gunung api. Kondisi jalannya memang masih buruk. Kami tidak bisa lakukan penataan karena anggaran kami kecil," kata Pius.

Disampaikannya, tahun anggaran 2017 ini alokasi APBD II untuk Disbudpar sebesar Rp 6 miliar. Sedangkan tahun 2018 menurun drastis menjadi Rp 3,5 miliar.

"Tidak ada pekerjaan fisik yang kami lakukan," kata Pius.

Namun, diakuinya, Danau Sanonggoang merupakan salah satu obyek wisata yang selalu dipromosikan oleh pemerintah Kabupaten Mabar.

Baca: SMA-SMK 100 Persen Terapkan UNBK Tahun 2018

Jumlah kunjungan wisatawan ke danau itu, kata dia, masih biasa saja atau belum menonjol.(*)

Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help