RSUD Umbu Rara Meha Akan MoU Dengan RS Kariadi Semarang Terkait Telemedicine

RSUD Umbu Rara Meha Wingapu akan melakukan ini guna membangun kerja sama dengan RSUP Kariadi Semarang

RSUD Umbu Rara Meha Akan MoU Dengan RS Kariadi Semarang Terkait Telemedicine
Pos Kupang/Robert Ropo
RSUD Umbu Rara Meha Waingapu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS KUPANG.COM, WAINGAPU - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha Waingapu, Kabupaten Sumba Timur akan membangun kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi Semarang, Jawa Tengah terkait telemedicine.

Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Dokter Lely Harakai menyampaikan itu ketika ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Jumat (3/11/2017).

Dokter Lely mengatakan, sekarang pihaknya sudah ke RSUP Kariadi untuk membawakan Memorandum of Understanding (MoU) kepada pihak konsultan RS Kariadi.

Dokter Lely menjelaskan, telemedicine adalah layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh (telemedicine is health care carried out at a distanace) dimana telemedicine adalah transfer data medik elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainya.

Teledicine adalah praktik kesehatan dengan memakai komunikasi audio visual dan data, termasuk perawatan diagnosa, konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh.

Sehingga untuk mendukung tersebut, pihaknya membangun MoU dengan RS Kariadi Semarang dan juga pihaknya akan mengirimkan sejumlah tenaga medis guna melakukan magang pelatihan dan mempelajari tentang sistem informasi aplikadi telemedicine tersebut.

Dokter Lely mengatakan, inovasi pihaknya untuk menggunakan telemedicine merupakan langkah untuk mengatasi kesenjangan antara fasilitas kesehatan apalagi tenaga ahli atau sumber daya manusia (SDM) di RSUD Umbu Rara Meha masih sangat minim. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help