Pilgub NTT

Raja Sedaratan Timor Perkuat Dukungan kepada Ayub Titu Eki

Para raja sedaratan Timor kembali perkuat komitmen untuk mendukung Dr. Ayub Titu Eki (Bupati Kupang) menjadi Bacagub NTT.

Raja Sedaratan Timor Perkuat Dukungan kepada Ayub Titu Eki
POS KUPANG/EDY HAYON
Liurai Malaka Wehali XV, Dominikus Kloit Tey Seran, ketika memberikan penjelasan mengenai kehadiran para raja di hadapan Bacagub NTT, Dr. Ayub Titu Eki di rumah jabatan bupati Kupang, Selasa (31/10/2017) malam. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Edy Hayon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Para raja sedaratan Timor dari Kabupaten Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang kembali perkuat komitmen untuk mendukung Dr. Ayub Titu Eki (Bupati Kupang) untuk maju menjadi bakal calon gubernur (Bacagub) NTT tahun 2018.

Kedatangan para raja ini untuk menyampaikan niat dan tekad bahwa mereka tidak main-main dalam mendukung Titu Eki untuk bertarung di pemilihan gubernur (pilgub) mendatang dan meminta Titu Eki untuk mengambil sikap apakah maju dari partai politik atau melalui jalur independen termasuk soal siapa pendamping yang menjadi bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) nanti.

Disaksikan Pos-Kupang.com di rumah jabatan Bupati Kupang, Jl. Kartini Kota Kupang, Selasa (31/10/2017), para raja dan loro yang hadir ini dipimpin Liurai Malaka Wehali XV, Dominikus Kloit Tey Seran bersama Loro Bauho, Drs. Yosep Fernandez, wakil dari Loro Lamaknen, Yohanes Ati, Raja Dirun, Alfon Bere Mau, Raja Makir, Vinsen Bere Hot, Raja Jenilu, Yosi Novak, Loro Wewiku, Wandelinus J Klau, Loro Haitimuk, Gabriel Nai Ulu, Raja Bikomi, Antonius Ato, Raja Miomafo, Mikael Lelan, Raja Amanuban, Pina Ope Nope, Raja Bijoba Molo Selatan, Dominikus Mella, Raja Kerajaan Molo, Wilhelmus Oemathan, Raja Kupang, Kleopold Nikolas Nisnoni, juga bersama para fetor, amaf termasuk pendamping Rohaniwan Katolik, Pater Pit Salu, SVD dan tokoh pemuda Kabupaten Belu, Drs. Vinsen LoE. Kehadiran para raja ini diterima secara langsung oleh Dr. Ayub Titu Eki bersama istri.

Raja Dirun, Alfons Bere Mau, menyampaikan pendapat di hadapan para raja sedaratan Timor dan Bacagub NTT, Dr. Ayub Titu Eki, di rumah jabatan bupati Kupang, Selasa (31/10/2017) malam.
Raja Dirun, Alfons Bere Mau, menyampaikan pendapat di hadapan para raja sedaratan Timor dan Bacagub NTT, Dr. Ayub Titu Eki, di rumah jabatan bupati Kupang, Selasa (31/10/2017) malam. (POS KUPANG/EDY HAYON)

Liurai Malaka Wehali Dominikus Kloit saat didaulat menyampaikan pendapatnya mengatakan, untuk kesekian kalinya para raja hadir di Kota Kupang sebagai bentuk dukungan moril terhadap Ayub Titu Eki untuk maju di pilgub.

Dirinya yang menginisiatif mengundang para raja untuk hadir kembali guna memperkuat komitmen dukungan karena proses politik pilgub terus berjalan.

Untuk itu, kata Kloit, dukungan yang diberikan ini murni dari para raja tanpa ada kepentingan politik apapun karena sosok Ayub Titu Eki adalah putra Timor yang sederhana, jujur, pintar.

"Saya sudah sampaikan kepada semua pengikut saya termasuk kepada teman-teman para raja sedaratan Timor untuk tidak boleh ragu-ragu dukung Pak Ayub Titu Eki. Ini figur asli Timor dan kita harus dukung untuk bisa memimpin NTT lima tahun ke depan. Mari kita sehati sesuara dukung figur kita ini," pinta Kloit.

Hal senada juga ditegaskan Yosef Fernandes dan Antonius Ato. Keduanya menilai figur Ayub Titu Eki sangat sederhana, jujur dan merupakan sosok yang mau bekerja untuk rakyat. Untuk itu, warga yang berada dibawa kerajaannya akan mendukung penuh dan memenangkan pertarungan pada pilgub nanti.

"Kita sudah datang menyatakan sikap mendukung penuh. Kita tidak lihat agama manapun tapi kita dukung figur yang mau bekerja untuk rakyat NTT. Kalau partai memang tidak akomodir maka kita semua ramai-ramai siap kumpul KTP dukung Pak Ayub untuk maju jadi gubernur NTT," tegas Fernandes.

Raja Dirun, Alfon Bere Mau mengatakan, pada pertemuan beberapa waktu lalu di Dirun, pihaknya sudah menobatkan Ayub Titu Eki sebagai "Manu Aman Lakaan" yang siap diusung pada pilgub mendatang. Putra terbaik Timor ini merupakan sosok yang pantas memimpin NTT kedepan.

Bagi masyarakat Kerajaan Dirun, tidak melihat apa agamanya tetapi melihat dari sosok yang sederhana dan mau mendengar suara rakyat. Untuk itu, dirinya meminta dukungan juga dari warga yang ada di Flores, Alor, Sumba, Rote dan Sabu untuk sama-sama bergandengan tangan mendukung Ayub Titu Eki menjadi bacagub NTT.

Raja Kupang, Kleopald Nikolas Nisnoni juga menekankan bahwa dukungan para raja ini tidak melihat soal agama, suku.

Tetapi dukungan murni masyarakat dari kerajaan-kerajaan di Timor ini karena sosok Ayub Titu Eki merupakan pemimpin yang merakyat dan mau bekerja untuk kepentingan rakyat. Sudah waktunya putra Timor memimpin daerah ini dan ini bukan mau mengkultuskan rasa kedaerahan tetapi karena sosok ini sangat dikenal luas warga di NTT. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved