Kanco Sihang Fransisco Fernando

Ini Bukti Dedikasi yang Tulus. Dapat Penghargaan Tokoh Pendorong Kemajuan

Prinsip hidup jangan menyerah, jangan takut hidup susah, membuatnya kini menjadi orang sukses level internasional.

Ini Bukti Dedikasi yang Tulus. Dapat Penghargaan Tokoh Pendorong Kemajuan
istimewa
Plakat penghargaan untuk Kanco Sihang Frans Fernando 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Penampilannya bersahaja. Kesehariannya hanya memakai sendal, celana pendek dan kaus oblong. Tak ada yang menyangka kalau dia adalah 'orang besar' yang punya omzet bisnis miliaran rupiah dan ketua umum beberapa organisasi.

Dia adalah Sihang Kanco Fransiscus Fernando. Pemilik pabrik minyak Nona Mas dan pendiri perguruan beladiri karate, Shoto-kan Karatedo Indonesia (Shoto-Kai). Tak pernah punya maksud lain, cita-citanya hanya agar karate bisa berprestasi sama seperti cabang olahraga lainnya.

Merantau dari Ende ke Kupang dengan menumpang kapal Watampone tanpa modal, Sihang Kanco Frans Fernando mesti bermain kucing-kucingan dengan para ABK.

Tiba di Kupang, Frans tak tahu harus berbuat apa. Bermodalkan tekad ingin sekolah, Frans rela melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap hari, tanpa alas kaki, Frans mengelilingi Kota Kupang menjual kue untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Karate bukan dunia baru bagi Sihang Kanco Frans. Sebelum mendirikan Shoto-Kai, Sihang Kanco Frans sudah punya reputasi karate internasional. Tahun 2008, Sihang Kanco Frans sudah menjabat sebagai perwakilan Japan Karate Association di Indonesia dengan nama Asosiasi Shoto Karate-do Indonesia. Organasisasi ini hanya memiliki satu perwakilan di setiap negara di dunia.

Dan, kini, apa yang dilakukan Sihang Kanco Frans membuahkan hasil. Sedikit demi sedikit cita- citanya mulai dirajut. Ada banyak prestasi yang sudah diraih. Bahkan, dia sudah mendapat pengakuan.

Adalah Harian Berita Kota, Makassar, Sulawesi Selatan yang memberikan penghargaan kepada Sihang Kanco Frans. Dia didaulat sebagai Tokoh Pendorong Kemajuan 2017, kategori Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kehumasan. Plakat penghargaan langsung ditandatangani oleh Direktur Utama Berita Kota Makassar, Mustawa Nur, S.H, MH.

Harian Berita Kota Makassar adalah sebuah koran yang merupakan anak perusahaan dari Fajar Group yang berada di bawah naungan Jawa Pos Group. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh- tokoh nasional yang memiliki inovasi dan berbuat banyak bagi pembangunan di berbagai bidang. Penghargaan diserahkan Chairman Fajar Group HM Alwi Hamu dan Wagub Sulsel, Agus Arifin Numang di Makassar, 20 Oktober 2017.

"Seharusnya saya diundang ke Makassar untuk menerima penghargaan tersebut pada tanggal 20 Oktober, namun pada tanggal tersebut posisi saya masih di Tokyo, sehingga tidak hadir. Jadi Direktur Utama Berita Kota mengutus orangnya untuk menyerahkannya di Surabaya," jelasnya.

Sihang Kanco Frans merasa apa yang diperoleh bukan atas perjuangan pribadi semata. Dukungan semua pihak tentu akan sangat membantu dirinya membina karate terutama Shoto- Kai. Dan apa yang dilakukannya bisa sukses karena dilakukan dengan tulus dan tanpa harapan untuk mendapatkan balas jasa.

Ada banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan. Cita-citanya ingin membesarkan nama Shoto-kai kini sudah diretas. Ada banyak jalan, namun ada juga banyak tantangan yang mesti dituntaskan.

"Kita kerja sama dengan berbagai pihak. Saya akan terus berusaha untuk membina atlet karate Shoto-Kai dengan baik. Fasilitas, kesejahteraan atlet dan pelatih akan jadi perhatian. Terima kasih untuk doa dan dukungannya," ujarnya.

Sihang Kanco Frans kini telah menjadi motivator bagi orang lain. Apa yang dilakukan menjadi teladan untuk ditiru. Prinsip hidup jangan menyerah, jangan takut hidup susah, membuatnya kini menjadi orang sukses level internasional.

"Mari kita sama-sama kerja keras untuk karate terutama Shoto-Kai. Saya tetap percaya akan janji Tuhan bahwa segala sesuatu akan indah pada waktunya," katanya. **

Penulis: Sipri Seko
Editor: Sipri Seko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved