PosKupang/

Berita Kota

125 Desa di Flores Barat Dipasangi Listrik

Sebanyak 125 desa dari 428 desa di wilayah Flores Barat dalam tahun 2017 dipasangi listrik melalui program listrik desa.

125 Desa di Flores Barat Dipasangi Listrik
Pos Kupang/kolase
Penyakit paru-paru jadi kendala tamatan SMK jadi karyawan PLN. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM | ENDE -- Sebanyak 125 desa dari 428 desa di wilayah Flores Barat dalam tahun 2017 dipasangi listrik melalui program listrik desa.

Manajer PT PLN Area Flores Bagian Barat, Firman Raharja mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Kamis (26/10/2017) ketika dikonfirmasi soal rencana pemasangan listrik desa dalam wilayah kerja PT PLN Area Flores Bagian Barat.

Firman mengatakan bahwa sesuai dengan perintah dari pemerintah pusat yang meminta agar desa-desa yang belum berlistrik segera dipasangi listrik sebagai bentuk pemerataan pembangunan di bidang kelistrikan maka pihaknya di area Flores Bagian Barat mulai melakukan pemasangan listrik di desa dan dalam tahun 2017 tercatat ada 125 desa dari 428 desa yang belum dipasangi listrik.

Menurut Firman pihaknya berkeinginan agar semua desa yang ada di area Flores Bagian Barat mulai dari Ende hingga Manggarai Barat bisa dipasangi listrik sebagaimana perintah dari pemerintah pusat namun demikian pihaknya mengalami kendala di lapangan terutama kondisi geografis desa yang cukup sulit.

"Banyak desa yang belum memiliki akses kendaraan sehingga menyulitkan proses pendistribusian peralatan kerja oleh pihak rekanan,"kata Friman.
Selain itu hal yang paling utama adalah pihak PLN kesulitan mendapatkan rekanan untuk diajak kerjasama guna memasang listrik.

"Pihak rekanan juga mengalami kesulitan untuk merekrut tenaga kerja baik untuk buruh harian juga mingguan," ujar Firman.

Menurut Firman untuk 125 desa yang sudah dilakukan tandatangan kontrak proses pemasangan listrik sedang dilakukan dan diprakirakan dalam tahun 2017 ini listrik di desa-desa tersebut sudah nyala.

Firman mengatakan bahwa pihak PLN berkomitmen untuk melakukan pemasangan listrik di desa yang belum berlistrik.

Pihaknya berharapadanya dukungan dan peran serta dari masyarakat seperti dengan suka rela merelakan tanaman mereka dipangkas bahkan ditebang untuk pemasangan jaringan listrik.

Halaman
12
Penulis: Romoaldus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help