Tagana Baksos di Kota Tomohon, Termasuk Penghijauan Kaki Gunung Lakon

Tagana lainnya mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi pengurangan resiko bencana di SMP negeri I kota Tomohon.

Tagana Baksos di Kota Tomohon, Termasuk Penghijauan Kaki Gunung Lakon
POS KUPANG/YENI RAHMAWATI TOHRI
Anggota Tagana Goes to School di SMP 1 Tomohon, Kabupaten Minahasa, Rabu (25/10/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | TOMOHON  - Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, melaksanakan bakti sosial di lima lokasi yang tersebar di Kota Tomohon,  Kabupaten Minahasa, Rabu (25/10/2017).

Ratusan Tagana dibagi dalam tim Baksos penanaman pohon mahoni di Desa Wawo, Kota Tomohon, penghijauan di kaki gunung Lakon, pembersihan Pasar Ekstrim, pembersihan enceng gondok di Danau Tondano, Goes to School dan penyaluran bantuan masyarakat bencana banjir di Kabupaten Minahasa dari Direktorat PSKBS Kemensos RI yang berpusat di lokasi.

Peserta Jambore Nasional dan Apel Siaga ke-11, Frengky Bolla, mengatakan di Desa Wawo Tagana melakukan penghijauan dengan menanam ratusan pohon mahoni di desa tersebut.

Baca: Pekan Perayaan Dimulai, Pendeta Leo Takubesi Ajak Umat Perbaharui Diri

Sedangkan pembersihan Pasar Ekstrim di Tomohon, kata Tagana Sandi Mataratu, pasar tersebut sesuai dengan namanya memang betul-betul ekstrim.

"Kami melakukan pembersihan tapi ketika kami melihat tikus, kucing, anjing, ular, kelelawar, celeng, babi yang dijual dan dibakar, kami pun fokus di sana untuk foto-foto," tuturnya sambil tersenyum.

Selanjutnya Tagana lainnya mengunjungi sekolah-sekolah dengan Tagline Tagama Goes to School.

Tagana Slamet menyampaikan dirinya bersama rekan Tagana lainnya mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi pengurangan resiko bencana di SMP negeri I kota Tomohon.

Baca: Bawaslu Persilahkan Masyarakat Melapor Jika Penyelenggara Pemilu Berpihak

"Selain itu kami bercerita dan bermain dengan adik-adik, " tuturnya.

Usai Baksos, Tagana melakukan gladi untuk Apel Siaga Nasional di Lapangan God Bless Minahasa depan Kantor Bupati Minahasa, Kamis (26/10/2017).

Pada Apel yang rencananya akan dihadiri Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa ini akan dirangkaikan dengan tarian kolosal dari lima kepulauan yang mengenakan busana adat masing-masing provinsi.

Pada awal Apel Siaga akan diserahkan penghargaan karena kepedulian gubernur terhadap kebencanaan dan Tagana oleh Menteri Sosial RI kepada 13 Gubernur, salah satunya Gubernur Provinsi NTT. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help