Sebelum Pengisian Waduk Raknamo Dilakukan Pengujian dan Sertifikasi

pihaknya akan melakukan sertifikasi untuk dilakukan pengujian oleh pihak Balai Bendungan dari Jakarta sebelum diterbitkan sertifikat.

Sebelum Pengisian Waduk Raknamo Dilakukan Pengujian dan Sertifikasi
Ferry Ndoen
PENJELASAN- Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME (tengah) didampingi PPK Bendungan Raknamo, Frengky Welkis, ST (kiri), Kasi Pelaksanaan BWS NT II, Constandji Nait, SP, M.SDA dan Frids Bale saat memberikan penjelasan pers kepada wartawan di Gedung Unit Pelaksanaan Operasional Bendungan Raknamo, Sabtu (23/9/2017)siang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG -Pekerjaan pembangunan Bendungan Raknamo, di Kabupaten Kupang saat ini sudah mencapai sekitar 97 persen. Dan pada musim hujan tahun ini direncanakan sudah mulai dilakukan penampungan (pengisian) air pada perut bendungan.

Kepala SNVT Bendungan BWS NT II, Marten Tella, ST, MT melalui PPK Bendungan Rakamo, Frengky Welkis, ST, saat ditemui wartawan Pos Kupang.Com, di kantornya, Kamis (19/10/2017) membenarkannya.

Menurut Frengky, sebelum masuk pada tahapan pengisian perut waduk tersebut, pihaknya akan melakukan sertifikasi untuk dilakukan pengujian oleh pihak Balai Bendungan dari Jakarta sebelum diterbitkan sertifikat.

"Diharapkan dalam musim hujan tahun ini sudah bisa dilakukan pengisian walau cukup berisiko karena fluktuitas air hujan tentu tidak kontinyu. Padahal untuk pengsian awal waduk dibutuhkan pengisian yang kontinyu sehingga bisa terukur debitnya. Hal ini agar pemantan dari pihak keamanan bendungan bisa terpantau dengan baik," jelasnya.

Dia mengaku terkadang terjadi hujan yang extrim dalam durasi beberapa hari lalu hujan berhenti.

"Karena itu, perlu ada proses sertifikasi, dan semua pelaksanaan konstruksi akan dievaluasi ulang untuk dipastikan kembali seluruh proses terkait dengan pelaksanaan konstruksi atau dilakukan pengecekan ulang. Dan pengujian kembali sudah h dilakukan tim dari Balai Bendungan, dan akan dilanjutkan dengan presentasi hasil serta sidang pleno terkait hasil pengujian untuk diterbitkannya sertifikat bendungan," tambahnya.

Ia bahkan memprediksi perut waduk Raknamo akan terisi penuh pada dua kali musim penghujan. (fen)

Bendungan Raknamo diabadikan, Sabtu 23 September 2017
Bendungan Raknamo diabadikan, Sabtu 23 September 2017 (Ferry Ndoen)
Bendungan Raknamo kondisi fisik 96,24 persen hingga bulan Oktober 2017
Bendungan Raknamo kondisi fisik 96,24 persen hingga bulan Oktober 2017 (ISTIMEWA)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved