Ada Empat Manfaat Bagi Anda Suka Makan Buah Apel, Salah Satunya Bisa Atasi Penunaan Dini

Lantas, berapa banyak makan apel agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini?

Ada Empat Manfaat Bagi Anda Suka Makan Buah Apel, Salah Satunya Bisa  Atasi Penunaan Dini
(Shutterstock)
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM--Benefit mengonsumsi buah memang tidak pernah habis, termasuk jika kita makan apel yang memiliki manfaat beragam untuk kesehatan.

Konsumsi apel setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan karena kandungan serat, vitamin, fitonutrien, serta antioksidan di dalamnya.

Ini bisa mencegah kita dari berbagai penyakit, dan tentunya menjauhkan dari keharusan berkunjung ke dokter karena sakit.

Ilustrasi
Ilustrasi (nydailynews.com)

Manfaat apel termasuk mencegah penyakit jantung, mencegah asma, membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit karena usia tua, membantu menjaga kesehatan pencernaan, hingga meningkatkan kerja sistem imun.

Benefit makan apel yang lain adalah untuk mencegah penuaan dini, kata Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman. Ahmad mengatakan benefit itu lantaran ada kandungan penolik dan flavonoid.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

"Kalau apel dipotong jadi warna cokelat, nah itu ada senyawa yang bersifat anti-oksidan," kata Ahmad saat Jelajah Gizi 2017 yang diselenggarakan Nutricia Sarihusada di kebun apel, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2017).

Penuaan terjadi karena oksidasi. Keberadaan dua senyawa tersebut kata Ahmad, akan menangkap radikal bebas yang merupakan salah satu faktor oksidasi dan akan kembali menetralkan.

"Dengan makan apel itu bisa menjaga kebersihan dan kebugaran kulit," kata Ahmad.

Lantas, berapa banyak makan apel agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini?

Ahmad mengatakan sebenarnya tak ada batasan untuk mengonsumsi buah, karena kandungan melimpah dan menyehatkan. Namun, Ahmad mengatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan agar mengonsumsi buah lima sampai tujuh kali sehari.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved