PosKupang/

Saleh Husin Sebut Rumah Kreatif Sinar Mas Tingkatkan Nilai Tambah Produk Khas Humbang Hasundutan

Keberadaan sejumlah produk serta komoditas khas Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara,

Saleh Husin Sebut Rumah Kreatif Sinar Mas Tingkatkan Nilai Tambah Produk Khas Humbang Hasundutan
foto ist
Managing Director Sinar Mas Group Saleh Husin di ajang Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Keberadaan sejumlah produk serta komoditas khas Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, menginspirasi Asuransi Sinar Mas membantu meningkatkan nilai tambah produk tadi, sekaligus mendongkrak perekomomian masyarakat disana.

"Pilar bisnis kami berkesempatan menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang bersentuhan langsung dengan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut," kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menjelaskan dukungan corporate social responsibility yang dilakukan PT Asuransi Sinar Mas melalui naungan Rumah Kreatif Sinar Mas.

Direktur Asuransi Sinar Mas, Dumasi MM Samosir mengatakan, "Tujuan Rumah Kreatif Sinar Mas adalah menjadi wahana pendidikan alternatif dan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas, guna membangun masyarakat yang cerdas, kreatif, mandiri sekaligus sejahtera. Keberadaannya kami harapkan dapat pula mendukung pengembangan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata dunia."

Hasilnya dari kegiatan yang diinisiasi sejak tahun 2016 silam, adalah kain yang dihasilkan dengan seni ikat celup yang ramah lingkungan. Para perajin mampu menghasilkan kain ikat celup khas Humbang Hasundutan menggunakan bahan pewarna alami dari tanaman yang terdapat disana dan limbahnya dapat kembali ke alam sebagai pupuk alami. "Pendekatan ini membuat para perajin setempat mendapatkan nilai tambah dari produk yang kini mereka hasilkan, yakni tekstil yang ramah lingkungan," ujar Saleh.

Selain kain ikat celup yang dinamai Humbang Shibori, terdapat pula pelatihan inovasi, diversifikasi dan pengemasan produk untuk para petani dan pengusaha kopi di wilayah yang sama.

"Mereka mendapatkan pemahaman dan ketrampilan dalam meningkatkan nilai tambah kopi Lasusa/Onan Ganjang/Sigarar Utang dan variestas yang lebih dikenal sebagai kopi Lintong, khas Humbang Hasundutan. Hasilnya adalah kemasan yang lebih baik dan higienis, serta rasa dan aroma kopi yang semakin bervariasi," tambah Dumasi.

Menurut Saleh, tidak hanya Asuransi Sinar Mas, tapi juga perusahaan lain di bawah naungan Sinar Mas turut memperkenalkan produk dari Sumatera Utara itu dalam berbagai kegiatan, dalam bentuk suguhan maupun cendera mata.

"Harapannya, apa yang telah dimulai oleh Rumah Kreatif Sinar Mas di Humbang Hasundutan dapat terus meluas, menggerakkan sekaligus memperkuat UMKM setempat," ujar Saleh.*

Editor: alfred_dama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help