PosKupang/

PSI Susul Perindo Serahkan Berkas ke KPU Belu

Hingga saat ini baru dua partai yang pendaftar di KPU Belu, yakni Partai Perindo dan PSI

PSI Susul Perindo Serahkan Berkas ke KPU Belu
Pos Kupang/Edy Bau
Ketua DPD PSI Belu menerima berita acara penyerahan berkas partai dari Kasubag Hukum KPU Belu, Maria Hildigardis Baria di Kantor KPU Belu, Jumat (13/10/2017) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA - Partai Perindo menjadi partai pertama yang menyerahkan berkas pengurus dan anggotanya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu pada Jumat (13/10/2017).

Menyusul Perindo di hari yang sama adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pimpinan Grace Natalie Louisa. Berkas PSI Kabupaten Belu ini diserahkan langsung oleh Ketua DPD PSI Belu, Marselino Kardoso, Wakil Ketua Erlince Bere Rain didampingi pengurus kecamatan, Herminus Halek dan Fanus Atok.

Pantauan Pos Kupang, pengurus PSI Belu tiba di Kantor KPU Belu sekitar pukul 14.00 wita dan disambut pelaksana harian (Plh) yang juga Kasubag Hukum KPU Belu, Maria Hildigardis Baria bersama stafnya.

Proses penyerahan berkas ini dipantau oleh Panwaskab Belu.

Sebelumnya juga Pengurus Perindo Belu dipimpin Pius Maxi Mura menyerahkan berkas kepada Hildigardis untuk diverifikasi lebih lanjut.

Kepada wartawan usai menyerahkan berkas kepada KPU, Ketua PSI Belu, Marselino Kardoso mengatakan, mereka datang untuk menyerahkan berkas partai dan melampirkan KTP serta KTA PSI sebanyak 240 anggota.

"Kita sudah serahkan, selanjutnya menunggu hasil verifikasi dari KPU. Tadi ada yang harus diperbaiki dan besok pagi kami masukkan lagi. Kita optimis lolos verifikasi KPU," ujarnya.

Menurutnya, jumlah anggota PSI sebanyak 240 yang dilampirkan itu hanya untuk memenuhi syarat formal untuk verifikasi oleh KPU.

Sesungguhnya, lanjutnya, anggota PSI sudah ribuan orang yang terdaftar sebagai anggota partai.

"Untuk sementara di sipol (sistim informasi partai politik) sebanyak 241. Nanti setelah selesai urusan administrasi di KPU baru bertambah lagi. Ini untuk melengkapi ketentuan KPU Belu yang mensyaratkan minimal 220 anggota," jelasnya.

Terpisah, Ketua Perindo Belu, Pius Maxi Mura mengatakan, berkas anggota yang diserahkan berupa hard copy dan soft copy KTP dan KTA sebanyak 1973.

"Ternyata kita yang pertama menyerahkan berkas hari ini. Ini membuktikan kerja keras para pengurus yang siap menghadapi verifikasi dan siap bekerja untuk membesarkan partai ini," ujarnya.

Kasubag Hukum KPU Belu, Maria Hildigardis Baria mengatakan sejauh ini baru dua partai yang menyerahkan berkas yakni Perindo dan PSI.

"Tadi baru satu dan tambah lagi PSI berarti baru dua yang serahkan berkas. Masih ada waktu sampai tanggal 16 Oktober pukul 24.00 wita," jelasnya. (*)

Penulis: Frederikus Riyanto Bau
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help