PosKupang/

Predikat Sekolah Model Berkah Atau Beban?

Lembaga pendidikan sebagai sekolah model harus diakui oleh pemerintah dan masyarakat, bukan oleh lembaga atau sekolah itu sendiri.

Predikat Sekolah Model Berkah Atau Beban?
Net
Ilustrasi 

Oleh: Saiful Abdullah, S.Pd
Guru SMKN Wewiku Badarai Kabupaten Malaka, NTT

POS KUPANG.COM - Kehadiran sekolah model di Indonesia merupakan harapan yang diimpikan banyak kalangan, sebab sekolah model sudah menjadi sebuah kebutuhan yang guna mendapatkan kehidupan yang layak di masa yang akan datang.

Lembaga pendidikan sebagai sekolah model harus diakui oleh pemerintah dan masyarakat, bukan oleh lembaga atau sekolah itu sendiri.

Dinamakan sekolah model berarti memiliki nilai yang lebih dibandingkan dengan sekolah biasa yang dapat dilihat dari aspek fisik dan aspek lain yang sangat menentukan, misalnya proses pembelajarannya atau output yang dihasilkan.

Sekolah model juga harus mampu menunjukkan dirinya sebagai sekolah yang pantas untuk dijadikan contoh oleh sekolah lainnya atau paling tidak berimbas pada sekolah lain.

Kategori sekolah model menjadi sebuah pilihan bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya karena sekolah dengan label sekolah model sudah dianggap mampu mencetak anak didik yang berkualitas.

Selain itu, sekolah model juga sebagai pusat pengembangan pendidikan dalam rangka melakukan perbaikan mutu pendidikan di sekolah dengan cara menjalankan 8 Standar Pendidikan Nasional secara maksimal. Oleh karena itu perlu ada komitmen dari pihak terkait tentang sekolah model itu apakah merupakan berkah atau beban?

Di dalam kamus besar bahasa Indonesia kata model diartikan pola, contoh, acuan atau macam dari sesuatu yang akan dibuat. Kata model ini dikaitkan dengan sekolah sebagai salah satu program lembaga pendidikan.

Sekolah model adalah sebuah program yang ditujukan untuk menjadikan satu sekolah sebagai sekolah yang baik dalam semua unsurnya agar dapat digunakan sebagai percontohan bagi sekolah lain di sekitarnya.

Latar belakang munculnya sekolah model sejak diberlakukannya Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menempatkan sekolah sebagai bagian dari subsistem pendidikan nasional.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help