PosKupang/

Terapkan Pelayanan Online di Kelurahan Kuanino, Ini Kewajiban RT dan RW

Kelurahan Kuanino akan menerapkan pelayanan online. Ini kesulitan yang mereka alami saat ini

Terapkan Pelayanan Online di Kelurahan Kuanino, Ini Kewajiban RT dan RW
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Lurah Kuanino, Resben Mitabae 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG. COM, KUPANG - Seiring perkembangan jaman dan demi kemajuan kota maka pelayanan online menjadi program kerja yang cepat dan tepat.

Cukup ketik NIK, warga kelurahan Kuanino sudah bisa mengurus surat-surat melalui hp android. Namun para RT dan RW wajib miliki hp android.

Lurah Kuanino, Resben Mitabae, ketika ditemui di Hotel Pelangi, Kamis (12/10/2017) menyampaikan, sesuai program Walikota Kupang yang menerapkan smart city di Kota Kupang, dengan visi misi pelayanan cepat dan tepat, maka Kelurahan Kuanino sudah melakukan pelayanan online.

Kata dia, pelayanan online yang membutuhkan dana ini diperoleh dari swadaya masyarakat dengan mengumpulkan para RT untuk membayar programnya.

"Pelayanan surat-menyurat ada 11 item, cukup lewat hp. Dimanapun berada bisa langsung mengakses. Di kamar mandi, tempat tidur, di luar daerah pun bisa. Nanti langsung ambil di kelurahan. Prosesnya dengan melibatkan RT dan RW. Karena terkadang pemikiran masyarakat RT dan RW dapat dana operasional tetapi tidak berbuat apa-apa," tuturnya.

Oleh karena itu, pihak kelurahan melibatkan pengurusan surat-surat lewat RT/RW, sehingga mereka wajib menggunakan hp android. Ketika masyarakat yang mau akses membuat surat harus melalui RT forward ke RW, kemudian RW lanjutkan ke Kelurahan. Inilah pelayanan yang cepat dan tepat.

Pelayanan yang baru diluncurkan dua bulan ini memang tidak berjalan mulus, karena setiap program pasti selalu ada permasalahannya.

Namun ia tetap berusaha agar semua berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat dan semua untuk pelayanan masyarakat. Sebab pelayanan itu mempermudah mereka.

Resben akui kendala yang dihadapi dalam pelayanan online ini adalah jaringan karena membutuhkan wifi.

"Di sana tidak ada jaringan Telkomsel. Kalau bisa kerja sama dengan Telkom sehingga bisa dapat pelayanan. Karena pelayanan online membutuhkan wifi, begitu juga dengan sarana pra sarana. Tentunya di Kelurahan sangat kurang tetapi situasi dan kondisi berjalan dengan apa yang ada sekarang," ujarnya.

Saat ini Resben sedang mempersiapkan Bimtek Pelayanan Online bagi para RT dan RW, sehingga pelayanan berjalan normal.

Ia juga menambahkan kelurahan tidak hanya berfokus pada pelayanan online saja tapi juga dengan pelayanan manual. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help